Pemkab Kapuas komitmen junjung tinggi netralitas ASN

id Pemkab Kapuas komitmen junjung tingginetralitas ASN, kalteng, Kapuas, pilkada, politik

Pemkab Kapuas komitmen junjung tinggi netralitas ASN

Penjabat Bupati Kapuas Darliansjah, menjadi pembina apel gabungan Netralitas ASN seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas, Senin (9/9/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi ASN dalam menjalankan tugasnya dan terus memberikan pembinaan serta pengawasan yang ketat terhadap seluruh ASN, termasuk dalam hal netralitas.

“Agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjunjung tinggi nilai netralitas,” kata Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Darliansjah di Kuala Kapuas, Senin.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di kabupaten setempat, saat menjadi Pembina Apel Gabungan Netralitas ASN seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kapuas di halaman kantor Bupati Kapuas di Jalan Pemuda km 5,5 Kuala Kapuas.

Dikatakannya, salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan pesta demokrasi adalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Netralitas ASN sangat penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Pemilihan kepala daerah sudah di depan mata, untuk itu sebagai penyelenggara negara, kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman, lancar dan demokratis,” katanya.

Selain menjaga netralitas ASN, pemerintah juga dihadapkan pada tantangan besar lainnya di Kabupaten Kapuas yaitu stunting, inflasi dan kemiskinan.

Baca juga: Seorang korban insiden sampan karam di Kapuas ditemukan meninggal

Ketiga isu ini saling terkait langsung pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas. Untuk itu, saya mengajak seluruh ASN, mari kita bahu-membahu dalam mengatasi permasalahan ini.

"ASN harus fokus pada tugas pokok dan fungsinya, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan demikian, program-program pemerintah untuk mengatasi ketiga isu tersebut dapat berjalan efektif dan tepat sasaran,” harapnya.

Dijelaskannya, beberapa upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi isu-isu tersebut diantaranya yakni Gerakan Bersama  Menuju Kapuas Bebas Stunting (Gema Eka Asi).

Selain itu, Gerakan Pangan Murah (GPM) dan sidak pasar yang dilakukan untuk mencegah terjadinya inflasi di Kabupaten Kapuas, serta beberapa bantuan dan jaminan bagi masyarakat yang masuk ke dalam kategori miskin.

“Mari kita bergandengan tangan untuk menurunkan stunting, mengendalikan inflasi dan mengurangi kemiskinan ekstrem melalui berbagai program dan kebijakan yang telah dan akan terus kita laksanakan. Saya berharap seluruh ASN dapat mendukung penuh upaya- upaya tersebut,” demikian Darliansjah.

Setelah melaksanakan apel gabungan, Pj Bupati Kapuas Darliansjah didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy melakukan peninjauan ke masing-masing barisan perangkat daerah yang mengikuti apel gabungan.

Dalam peninjauan itu, dirinya mengecek bagaimana jalannya pelayanan di masing-masing instansi dan juga memberikan arahan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Dekralasi Wiyatno-Dodo dibanjiri ribuan warga Kapuas

Baca juga: Berhasil turunkan angka stunting, Pemkab Kapuas diminta tingkatkan sinergi

Baca juga: Ikuti lomba posyandu desa, DPMD evaluasi Bangun Harjo