Ikuti lomba posyandu desa, DPMD evaluasi Bangun Harjo

id dpmd kapuas, budi kurniawan, lomba posyandu desa, posyandu desa bangun harjo kecamatan bataguh, kuala kapuas

Ikuti lomba posyandu desa, DPMD evaluasi Bangun Harjo

Jajaran DPMD Kapuas memberi arahan kepada Posyandu Desa Bangun Harjo Kecamatan Bataguh dalam rangka persiapan mengikuti lomba posyandu desa tingkat Provinsi Kalteng, Kamis (5/9/2024). (ANTARA/HO-DPMD Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali melakukan penilaian dan evaluasi posyandu yang kali ini dilaksanakan di Desa Bangun Harjo Kecamatan Bataguh.

"Ini masih rangkaian dalam rangka mempersiapkan posyandu desa yang akan mengikuti lomba posyandu desa tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024,” kata Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan usai kegiatan, Kamis.

Posyandu yang diikutsertakan dalam lomba posyandu desa ini adalah posyandu yang sudah berstatus Mandiri. Untuk penilaian ada berbagai aspek, baik dari aspek administrasi, pelayanan maupun juga aspek pemberdayaan masyarakat.

"Adapun berkaitan operasional dan pelayanan posyandu dievaluasi secara menyeluruh," jelas Budi.

Lebih lanjut dia menyampaikan aspek yang juga menjadi fokus penilaian pihaknya mencakup kinerja kader posyandu, kebersihan, ketersediaan fasilitas, serta efektivitas pelayanan kesehatan ibu dan anak.

"Program-program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan posyandu juga turut kami perhatikan," ujarnya.

Baca juga: DPMD Kapuas sampaikan tiga usulan daerah percontohan Desa Anti Korupsi

Menurutnya tujuan dari evaluasi ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan posyandu, agar memberikan dampak lebih besar bagi kesehatan masyarakat di desa tersebut.

DPMD Kapuas berharap posyandu dari Desa Bangun Harjo dapat berprestasi di tingkat provinsi serta menjadi contoh bagi posyandu lainnya di wilayah Kapuas.

Selain itu, DPMD juga memberikan arahan dan bimbingan kepada para kader posyandu untuk terus meningkatkan kapasitas mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Dengan adanya evaluasi ini, diharap posyandu tersebut dapat melakukan perbaikan dan pembenahan sehingga siap bersaing di lomba tingkat provinsi dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat desa.

Baca juga: Penanganan stunting di Kapuas diapresiasi Pemprov Kalteng

Baca juga: Pemkab Kapuas mantapkan persiapan pembentukan Mal Pelayanan Publik

Baca juga: DPMD Kapuas evaluasi posyandu dua desa Tamban Catur