DPMD Kapuas evaluasi posyandu dua desa Tamban Catur

id dpmd kapuas, dua posyandu tamban catur, budi kurniawan, kuala kapuas, lomba posyandu 2024

DPMD Kapuas evaluasi posyandu dua desa Tamban Catur

Jajaran DPMD Kapuas melakukan penilaian dan evaluasi di salah satu posyandu desa di Kecamatan Tamban Catur, Rabu (4/9/2024). (ANTARA/HO-DPMD Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melakukan penilaian dan evaluasi posyandu di dua desa Kecamatan Tamban Catur, yakni Posyandu Desa Sidirejo dan Warna Sari.
 
“Ini dalam rangka mempersiapkan Posyandu di dua desa itu mengikuti lomba posyandu tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024,” kata Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Kamis.
 
Posyandu yang diikutsertakan dalam lomba posyandu desa ini adalah yang sudah berstatus Mandiri. Untuk penilaian ada berbagai aspek, baik dari aspek administrasi, pelayanan, maupun aspek pemberdayaan masyarakat.
 
Selain itu, terkait operasional dan pelayanan posyandu dievaluasi menyeluruh. Aspek yang menjadi fokus penilaian mencakup kinerja kader posyandu, kebersihan, ketersediaan fasilitas, serta efektivitas pelayanan kesehatan ibu dan anak. Kemudian program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan posyandu juga turut diperhatikan.
 
Tujuan evaluasi ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan posyandu agar memberikan dampak yang lebih besar bagi kesehatan masyarakat di desa tersebut.

DPMD berharap posyandu dari Desa Sidirejo dan Warna Sari dapat berprestasi di tingkat provinsi serta menjadi contoh bagi posyandu lainnya di wilayah Kapuas.

Baca juga: Legislator apresiasi Pemkab Kapuas berhasil raih penghargaanANRI
 
Selain itu, DPMD juga memberi arahan dan bimbingan kepada para kader posyandu untuk terus meningkatkan kapasitas dalam memberi pelayanan kesehatan.

Dengan adanya evaluasi ini, diharap kedua posyandu tersebut melakukan perbaikan dan pembenahan sehingga siap bersaing di lomba tingkat provinsi, sekaligus memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat desa.
 
“Kita berharap tahun ini posyandu di Kapuas mendapatkan prestasi yang membanggakan. Dan kami juga berharap, lomba ini sebagai bentuk motivasi meningkatkan kinerja posyandu,” tutup Budi Kurniawan.

Baca juga: DPMD Kapuas dukung Pemdes Warnasari dalam penyediaan air layak minum

Baca juga: Ada sanksi bagi kepala desa dan BPD terlibat kampanye pilkada

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi sosialisasi pengawasan Pilkada 2024