Berhasil turunkan angka stunting, Pemkab Kapuas diminta tingkatkan sinergi

id DPRD Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Didi Hartoyo, Kapuas, stunting di Kapuas, stunting, kalteng

Berhasil turunkan angka stunting, Pemkab Kapuas diminta tingkatkan sinergi

Legislator Kabupaten Kapuas, Didi Hartoyo. (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Didi Hartoyo mengapresiasi kepada Pemerintah daerah dan berbagai pihak, yang telah keberhasilan menurunkan angka stunting di daerah tersebut pada tahun 2024 ini.

Berdasarkan data yang diperoleh, angka stunting di Kabupaten Kapuas tercatat mengalami penurunan signifikan dari 16,20 persen pada tahun 2023 menjadi 14,29 persen pada tahun 2024 ini, kata Didi Hartoyo, di Kuala Kapuas, Jumat.

"Pencapaian ini, tentuya sebagai hasil dari upaya yang konsisten dan program-program yang dirancang oleh Pemkab Kapuas untuk meningkatkan kesehatan anak dan gizi masyarakat," ucapnya.

Legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menegaskan, bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras berbagai pihak, termasuk tenaga kesehatan, pemerintah daerah, serta dukungan masyarakat.

Program-program yang melibatkan penyuluhan gizi, peningkatan akses terhadap pelayanan kesehatan, serta pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi pada anak menjadi faktor utama dalam menekan angka stunting.

Selain itu, wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah pemilihan (Dapil) Kapuas III meliputi Kecamatan Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Timpah, Mandau Talawang dan Pasak Talawang ini juga berharap agar Pemkab Kapuas terus meningkatkan upaya dalam penanganan stunting, sehingga angka tersebut dapat terus menurun di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: DPMD Kapuas sampaikan tiga usulan daerah percontohan Desa Anti Korupsi

"Sinergi antara berbagai pihak, termasuk masyarakat, juga sangat penting ditingkatkan agar terus mendukung program pemerintah dalam mengatasi masalah gizi dan kesehatan anak di Kapuas," kata Didi.

Menurutnya, dengan keberhasilan ini, diharapkan kualitas kesehatan generasi mendatang dapat meningkat, sehingga dapat membawa dampak positif terhadap pembangunan daerah secara keseluruhan.

"Saya mengajak semua pihak untuk terus berkomitmen dalam mewujudkan Kabupaten Kapuas yang bebas stunting dan semakin maju," Didi Hartoyo.

Baca juga: Penanganan stunting di Kapuas diapresiasi Pemprov Kalteng

Baca juga: Pemkab Kapuas mantapkan persiapan pembentukan Mal Pelayanan Publik

Baca juga: DPMD Kapuas evaluasi posyandu dua desa Tamban Catur