Perbaikan tembok Lapas Sukamara menjadi prioritas

id Perbaikan tembok Lapas Sukamara menjadi prioritas, kalteng, Sukamara, kemenkumham kalteng

Perbaikan tembok Lapas Sukamara menjadi prioritas

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Tengah, Maju Amintas Siburian saat meninjau langsung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sukamara. ANTARA/HO-Humas Lapas Sukamara

Sukamara (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Tengah, Maju Amintas Siburian mengatakan, perbaikan tembok Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Sukamara akan menjadi salah satu prioritas mereka.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera melakukan perbaikan tembok yang roboh. Ini adalah prioritas, karena keamanan WBP dan petugas harus terjamin. Selain itu, kami juga memastikan bahwa meskipun dalam kondisi ini, hak-hak dasar WBP tetap dipenuhi dengan baik," kata Maju Amintas Siburian di Sukamara, Kamis.

Hal itu disampaikannya saat kunjungan perdana ke Lapas Sukamara. Kedatangannya untuk meninjau langsung kondisi tembok Lapas yang mengalami kerusakan serta memantau keadaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan tahanan yang saat ini sedang menjalani masa pidana mereka di Lapas Sukamara.

Dalam kunjungannya, Maju Amintas menyampaikan bahwa penanganan terhadap tembok yang roboh harus segera dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh WBP. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya pemenuhan hak-hak dasar para WBP agar tetap terpenuhi, meskipun Lapas sedang mengalami kendala teknis.

Baca juga: Pj Bupati Sukamara ajak generasi muda semangat bangun sektor pertanian

Kepala Lapas Sukamara, Joko Prayitno, menyambut baik kunjungan dari Kakanwil Kalimantan Tengah ini. Menurutnya, perhatian langsung dari kakanwil merupakan bentuk dukungan nyata bagi Lapas Sukamara dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada, terutama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan WBP.

"Kunjungan dari Pak Kakanwil sangat kami apresiasi. Ini menunjukkan komitmen beliau dalam memastikan Lapas Sukamara dapat berfungsi optimal meskipun dihadapkan pada berbagai kendala. Kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk para WBP dan menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku," ucap Joko Prayitno.

Kunjungan ini diakhiri dengan dialog antara Kakanwil dan para WBP, di mana Maju Amintas Siburian memberikan motivasi serta pesan untuk tetap menjalani masa pidana dengan semangat perbaikan diri.

Baca juga: Panen perdana udang vaname Shrimp Estate Berkah memuaskan

Baca juga: Pemkab Sukamara ingin pelaku usaha perikanan semakin kreatif

Baca juga: Hadapi puncak kekeringan, Pemkab Sukamara tingkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan