DPRD Palangka Raya prihatin kebakaran di Palangka Raya kian marak

id DPRD Palangka Raya ,Hatir Sata Tarigan,Palangka Raya,Kebakaran Palangka Raya,Kalteng

DPRD Palangka Raya prihatin kebakaran di Palangka Raya kian marak

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Hatir Sata Tarigan. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hatir Sata Tarigan meminta kepada seluruh masyarakat di daerah ini, agar dapat tetap waspada terhadap peristiwa kebakaran yang akhir-akhir ini marak terjadi di Kota Palangka Raya.

"Saya ikut prihatin atas terjadinya kebakaran beberapa rumah akhir-akhir ini di Kota Palangka Raya. Kami mengimbau masyarakat agar lebih berhati hati apa lagi ini musim kemarau," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Dirinya menekankan, masyarakat dapat mengaktifkan kembali sistem keamanan keliling yang dapat dilakukan di masing-masing RT untuk memastikan keamanan dan ketertiban tetap kondusif.

Baca juga: Sejumlah bangunan di Jalan Anoi Palangka Raya hangus terbakar

Masyarakat dapat melakukan jaga malam secara bergantian sehingga ketika terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban, masyarakat dapat segera melaporkan ke kepolisian.

"Selain itu masyarakat juga harus dapat memperhatikan kondisi arus-arus listrik di rumah masing-masing. Pastikan kabel instalasi listrik masih dalam keadaan yang baik dan tidak rusak, karena ini juga menjadi salah satu pemicu kebakaran," ucapnya.

Menanggapi adanya dugaan kebakaran yang kerap terjadi di Kota Palangka Raya ini disebabkan oleh kesengajaan, Hatir meminta kepada pihak kepolisian agar dapat segera menindaklanjuti hal ini.

Baca juga: Muncul dugaan upaya pembakaran di Palangka RayaBaca juga: Muncul dugaan upaya pembakaran di Palangka Raya

Hal tersebut dilakukan agar isu-isu yang muncul terkait kebakaran rumah tersebut tidak membuat masyarakat Kota Palangka Raya menjadi resah dan waspada.

"Ini kan masih praduga tidak bersalah ya. Namun kalau ada indikasi itu saya pihak aparat kepolisian bisa menindaklanjuti kejahatan ini," ujarnya.

Hatir juga mengapresiasi kinerja petugas pemadam kebakaran yang akhir-akhir ini telah bekerja keras berjibaku memadamkan kobaran si jago merah.

Baca juga: Marak kebakaran, warga Palangka Raya diminta lebih waspada

Dirinya meminta agar petugas pemadam kebakaran dapat menjaga kesehatan sehingga ke depan dapat tetap prima dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat.

"Patut kita apresiasi, bayangkan kalau tidak ada petugas pemadam. Tentu kebakaran yang terjadi di Kota Palangka Raya bisa lebih parah. Jadi semoga mereka bisa selalu diberikan kesehatan dan tetap bisa menolong memadamkan api," demikian Hatir.

Baca juga: Rumah kosong di Palangka Raya hangus terbakar

Baca juga: Barak delapan pintu di Palangka Raya hangus terbakar