Ketua DPRD Barut apresiasi pelatihan pengolahan jagung jadi pakan ternak

id mery rukaini,ketua dprd,pelatihan pakan ternak,barut,barito utara,kalteng

Ketua DPRD Barut apresiasi pelatihan pengolahan jagung jadi pakan ternak

Ketua DPRD Barito Utara, Hj Mery Rukaini.ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua Sementara DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini mengapresiasi kegiatan pelatihan pengolahan jagung menjadi pakan ternak bagi pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) yang diadakan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM setempat. 

"Pelatihan ini sangat penting diikuti para pelaku usaha dalam rangka meningkatkan kualitas SDM UMKM. Karena pelatihan ini sangat membantu UMKM dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja, serta memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keuntungan," kata Mery Rukaini di Muara Teweh,Selasa. 

Menurut dia, dengan memiliki SDM yang terlatih dan berkualitas, para pelaku usaha di daerah ini akan lebih mampu bersaing di pasar dan mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik.

UMKM, katanya, memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing yang mampu menciptakan kesempatan kerja secara luas, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional. 

“Melalui pelatihan tersebut diharapkan para peserta dapat secara maksimal menggali skill dan kemampuan diri dalam mengelola sumberdaya yang tersedia sehingga menghasilkan produk yang berkualitas,” kata Mery.

Ia juga menjelaskan dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan pengolahan jagung menjadi pakan ternak bagi pelaku UKM, diharapkan para peserta pelatihan nantinya dapat membuat dan mengolah pakan ternak sendiri berbahan dari jagung dan juga dapat memberdayakan sumber daya lokal serta dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan dalam beternak.

Diharapkan semua pelaku usaha peternakan dapat menciptakan sektor peternakan yang tangguh dan berkelanjutan. 

"Sehingga setelah mengikuti pelatihan tersebut peserta mendapatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan lebih yang dapat diterapkan dalam mengelola, mengembangkan dan meningkatkan usaha di tempatnya masing-masing,” kata Mery Rukaini.