Pemprov Kalteng bantu 1.177 pelaku usaha perikanan di Kapuas

id Pemprov Kalteng bantu 1.177 pelaku usaha perikanan di Kapuas, kalteng, Kapuas, ekonomi, pemprov kalteng

Pemprov Kalteng bantu 1.177 pelaku usaha perikanan di Kapuas

Pendistribusian Buku Tabungan Subsidi Bantuan Sarana Produksi usaha perikanan di Kelurahan Panamas, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Selasa (17/9/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) setempat, memberikan bantuan subsidi biaya sarana produksi bagi pelaku usaha perikanan di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

“Bantuan ini merupakan inisiasi dari hasil kunjungan Bapak Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ke masyarakat, khususnya pelaku usaha perikanan yang menyampaikan masalah semakin tingginya biaya produksi dalam melaksanakan usahanya,” kata Penjabat Bupati Kapuas, Darliansjah di Kuala Kapuas, Selasa.

Beberapa nelayan mengeluhkan semakin tingginya biaya produksi dalam melaksanakan penangkapan. Ada juga beberapa pembudidaya yang mengeluhkan biaya pakan atau harga benih ikan yang semakin naik.

Menanggapi masalah yang terjadi ini, Gubernur Sugianto Sabran berinovasi dengan memberikan bantuan subsidi biaya sarana produksi bagi pelaku usaha perikanan yakni nelayan, pembudidaya dan pengolahan hasil perikanan di Kalteng sebanyak 29.000 orang.

Bantuan tersebut, sambungnya, melibatkan kerja sama dengan PT Bank Kalteng guna menyediakan buku tabungan bagi penerima bantuan, sehingga bantuan disalurkan melalui rekening tabungan atas nama penerima bantuan sebesar Rp500 ribu.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas komitmen tingkatkan pelayanan

“Pada kesempatan pertama ini, kami serahkan kepada 1.177 orang pelaku usaha penerima bantuan yang ada di Kecamatan Selat,” katanya.

Darliansjah yang juga menjabat Kepala Dislutkan Kalteng ini,  berharap agar bantuan biaya sarana yang diberikan ini bisa tepat sasaran dan tepat guna, sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung dalam aktifitas usaha pelaku usaha.

"Saya berharap dengan adanya bantuan ini dapat meringankan biaya sarana produksi dan nantinya meningkatkan kesejahteraan keluarga pelaku usaha perikanan di Kalimantan Tengah pada umumnya, dan di Kabupaten Kapuas pada khususnya," tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Lurah Panamas Hendrikus Wewengkang yang turut hadir pada saat penyerahan buku tabungan sangat berterima kasih karena masyarakat pelaku usaha yang ada di daerahnya mendapat perhatian berupa bantuan subsidi biaya sarana produksi dari Pemprov Kalteng.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Tengah atas perhatiannya kepada masyarakat pelaku usaha perikanan di Kelurahan Panamas. Dengan diserahkannya bantuan biaya sarana produksi ini secara terbuka dan langsung kepada penerima tentunya bantuan ini pasti dimanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat,” demikian Hendrikus Wewengkang.

Baca juga: Pemkab Kapuas diminta persiapkan dokumen penting pembangunan RSUD baru

Baca juga: Gubernur Kalteng komit dukung pembangunan kawasan tambak udang di Kapuas

Baca juga: Kalteng juara tiga Pawai Taaruf MTQ Nasional XXX di Samarinda