Pemkab Katingan usulkan relokasi rumah sakit masuk RPJMN

id Pemkab Katingan, Kalimantan Tengah, Katingan, Kalteng, Pj Bupati Katingan, Sutoyo, relokasi rumah sakit Katingan

Pemkab Katingan usulkan relokasi rumah sakit masuk RPJMN

Pj Bupati Katingan Sutoyo (kiri) usai audiensi bersama pihak Bappenas Republik Indonesia RI. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan, Kalimantan Tengah, mengusulkan relokasi rumah sakit dan pembangunan ruas jalan wilayah selatan masuk program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2025-2029 sebagai bagian dari isu strategis nasional.

"Dua program ini penting dan menjadi yang utama karena berdampak langsung dengan masyarakat," kata Pj Bupati Katingan Sutoyo di Kasongan, Selasa.

Pernyataan itu diungkapkan dia didampingi sejumlah OPD saat melakukan audiensi dengan Direktur Regional II Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI), Mohammad Roudo dan jajaran, di ruang rapat SS-1 setempat.

Sutoyo mengatakan, program kelanjutan pembangunan ruas jalan dimaksud memiliki panjang kurang lebih 96.000 meter atau 96 kilometer. Pembangunan ruas jalan mulai dari Kereng Pakahi Kecamatan Kamipang agar tembus sampai Desa Kampung Melayu, Kecamatan Mendawai.

"Nantinya dengan terkoneksinya jalan penghubung antar wilayah ini, tentu akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat serta mempermudah proses mobilitas angkutan barang dan jasa antar wilayah," jelas Sutoyo.

Kemudian pada program kedua berupa usulkan relokasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan. Relokasi ini penting, karena Kabupaten Katingan pada tahun 2021 mengalami musibah banjir selalu kurang lebih satu bulan yang salah satu fasilitas umum yang terdampak adalah rumah sakit setempat.

Baca juga: Tiga paslon peserta Pilkada Katingan resmi ditetapkan

"Selain itu, saat ini alat kesehatan maupun kapasitas ruang kamar untuk pasien juga masih kurang memadai sehingga perlu peningkatan agar layanan kesehatan terhadap masyarakat semakin maksimal," katanya.

Pihaknya pun berharap semua usulan Pemerintah Kabupaten Katingan bisa direalisasikan dalam waktu dekat. Mengingat masyarakat sangat membutuhkan akses jalan dan fasilitas kesehatan yang memadai.

"Semuanya ini tidak lain dalam rangka mempercepat proses pembangunan di Bumi Penyang Hinje Simpei ini bisa dirasakan oleh masyarakat kita. Terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," demikian Sutoyo.

Baca juga: Pemkab Katingan dukung Bank Kalteng terus meningkatkan layanan

Baca juga: ASN Pemkab Katingan diingatkan disiplin tingkatkan kualitas kerja

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan sebut harga kebutuhan pokok masih stabil