Puluhan warga manfaatkan layanan kesehatan saat Harganas di Gumas

id pemkab gumas, harganas, pj bupati herson b aden, layanan kesehatan, kuala kurun, gunung mas

Puluhan warga manfaatkan layanan kesehatan saat Harganas di Gumas

Pj Bupati Gumas Herson B Aden ikut memanfaatkan layanan kesehatan saat Harganas ke-31 tingkat kabupaten di Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun, Senin (21/10/2024). (ANTARA/HO-Dinkes Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Sebanyak 60 warga memanfaatkan layanan kesehatan yang disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, saat peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat kabupaten di Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun.
 
Layanan kesehatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, ucap Kepala Dinkes Gumas Arnold melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Heriyanto di Kuala Kurun, Selasa.
 
“Dinkes Gumas menyiapkan beragam jenis layanan kesehatan saat Harganas di Tumbang Miwan, Senin (21/10). Layanan kesehatan yang disiapkan antara lain pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan asam urat,” jelasnya.
 
Ia menjelaskan, keberadaan layanan kesehatan tersebut merupakan bentuk dukungan dari Dinkes Gumas dalam menyukseskan pelaksanaan Harganas ke-31 tingkat kabupaten, yang dipusatkan di Tumbang Miwan.
 
Selain itu, Dinkes Gumas juga menggelar pos pelayanan terpadu (posyandu) di Tumbang Miwan. Pelaksanaan posyandu dilakukan bersama kader dan petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tewang Pajangan.

Baca juga: DPRD Gumas berharap Kampung Keluarga Berkualitas ciptakan desa bebas narkoba
 
Pada kesempatan itu Dinkes Gumas juga sekaligus melakukan pelatihan kader posyandu. Pelatihan meliputi pencatatan laporan, penimbangan dan pengukuran, serta penyuluhan secara mandiri.
 
Adapun peserta pelatihan kader posyandu berasal dari Desa Tewang Pajangan, Tumbag Miwan, Tumbang Lampahung, Tumbang Tariak, Hurung Bunut, Tumbang Hakau, dan Pilang Munduk.
 
“Semoga dengan adanya pelatihan tersebut kapasitas kader posyandu semakin meningkat, sehingga pelayanan di posyandu juga akan semakin baik dan optimal,” harap Heriyanto.
 
Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden menyampaikan apresiasi kepada tenaga kesehatan, yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan Harganas ke-31 tingkat kabupaten di Tumbang Miwan.
 
“Saya harap keberadaan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dapat bermanfaat bagi masyarakat, yang saat itu menghadiri peringatan Harganas ke-31 Gumas di Tumbang Miwan,” demikian Herson.

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas canangkan 104 Kampung Keluarga Berkualitas

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas tegaskan pemkab komitmen dukung program kerja Presiden

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas: Harganas jadi pengingat peran keluarga dalam pembangunan