DPRD Kotim ingatkan OPD selesaikan program tepat waktu

id DPRD Kotim ingatkan OPD selesaikan program tepat waktu, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, drpd Kotim, rimbun

DPRD Kotim ingatkan OPD selesaikan program tepat waktu

Ketua DPRD Kotim Rimbun ketika diwawancarai awak media di ruang paripurna  DPRD setempat beberapa waktu lalu. ANTARA/Devita Maulina. 

Sampit (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Rimbun mengingatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) setempat agar menyelesaikan program kerja tepat waktu, sehubungan akan berakhirnya tahun anggaran 2024.

“Kami berharap program kegiatan yang telah disusun dalam APBD 2024 dapat diselesaikan tepat waktu, terlebih mengingat waktu kita bekerja hanya tersisa dua bulan efektif, maka harus bisa mengejar waktu,” kata Rimbun di Sampit, Jumat. 

Rimbun menekankan pentingnya penyelesaian seluruh program kegiatan yang telah disusun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD 2024, karena hal tersebut menjadi salah satu tolok ukur pembangunan daerah. 

Oleh karena itu, setiap OPD teknis diharapkan bisa memastikan pelaksanaan program dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan kontrak kerja yang telah ditandatangani dengan penyedia jasa.

Ia juga mengingatkan pentingnya koordinasi antar dinas atau OPD untuk memastikan setiap proyek dapat diselesaikan dengan hasil optimal.

“Kami menargetkan agar seluruh kegiatan yang direncanakan dapat mencapai 100 persen realisasi pada 20 Desember 2024. Dengan demikian, administrasi dan tutup buku anggaran bisa diselesaikan tepat waktu pada 28 Desember,” ucapnya. 

Ia pun menegaskan, bahwa DPRD Kotim akan terus memantau realisasi APBD 2024. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap program yang telah dianggarkan benar-benar berjalan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Selain itu, Rimbun juga menyinggung terkait kondisi cuaca, seperti diketahui saat ini Kotim sudah memasuki musim hujan dan hal ini biasanya berdampak hingga menimbulkan keterlambatan dalam pengerjaan proyek di lapangan. 

Baca juga: Ketua DPRD Kotim ajak masyarakat gunakan hak pilih

“Tingginya intensitas hujan diharapkan tidak menjadi kendala yang menghambat penyelesaian proyek, selama pihak terkait menjalankan program sesuai dengan kontrak kerja,” pungkasnya. 

Di sisi lain, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kotim Sanggul Lumban Gaol menyampaikan realisasi APBD 2024 dari segi anggaran sudah mencapai 70-80 persen. 

Jika mengacu pada perubahan APBD 2024 yang disahkan belum lama ini diperkirakan realisasi APBD Kotim tahun ini mencapai 90 persen. 

“Semoga kita bisa menggenjot capaian tersebut, seperti pengerjaan jalan oleh Dinas SDABMBKPRKP yang cukup banyak. Semoga cuacanya mendukung,” ujarnya. 

Kondisi cuaca turut menjadi perhatian pemerintah daerah. Sanggul menyebut perlu dilakukan evaluasi kedepannya terkait jadwal pengerjaan proyek lapangan agar tidak berbenturan dengan musim hujan. 

Setiap OPD diminta agar bisa mengatur jadwal kerja atau program pada triwulan pertama dan seterusnya supaya tidak menumpuk dan pembayaran pun membengkak di akhir tahun 

“Itu suatu kebiasaan yang harus kita perbaiki, jangan bekerja di akhir tahun. Karena ini yang sering menjadi permasalahan. Kenapa tidak kita kerjakan di awal-awal, perubahan itu yang harus kita lakukan,” demikian Sanggul. 

Baca juga: DPRD minta Pemkab Kotim lebih transparan soal pendapatan

Baca juga: DPRD Kotim kembali ingatkan ASN harus netral

Baca juga: Sikapi serangan buaya, Legislator Kotim minta pemerintah ambil tindakan