Sampit (ANTARA) - Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berharap bupati dan wakil bupati terpilih lebih memperhatikan nasib mereka.

"Kami berharap bupati dan wakil bupati terpilih nanti mempunyai komitmen tinggi dalam membantu sektor UMKM agar kami bisa mengembangkan usaha dan meningkatkan perekonomian," harap Ketua UMKM Harati, Rahmat Noor di Sampit, Jumat.

Menurut Rahmat, saat ini pelaku UMKM di Kotawaringin Timur sedang bersemangat mengembangkan usaha. Hampir di setiap kecamatan atau kelurahan terdapat kelompok UMKM dengan unit usaha yang beragam.

Sektor UMKM bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah. Meningkatkan sektor UMKM sama saja mendorong peningkatan ekonomi kerakyatan secara keseluruhan sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat.

Rahmat sendiri konsisten dengan pengembangan nanas atau kanas gantang dan produk turunannya. Kanas gantang merupakan nanas khas yang banyak dibudidayakan di Kelurahan Baamang Hulu Kecamatan Baamang, khususnya di sekitar Bandara Haji Asan Sampit.

Tahun 2018 lalu, kanas gantang resmi dipatenkan setelah dikukuhkan oleh Kementerian Pertanian. Kini pelaku UMKM setempat semakin bersemangat mengembangkan produk olahan berbahan kanas gantang.

Baca juga: Bawaslu Kotim rekomendasikan pemungutan suara ulang di TPS ini

"Kami berharap ini bisa terus dikembangkan, bahkan lebih bagus lagi kalau ada investor melirik berinvestasi di bidang kuliner dan wisata kanas gantang yang sudah kami pelopori. Kalau bisa Kecamatan Baamang dijadikan kampung UMKM," harap Rahmat.

Rahmat berharap UMKM Kotawaringin Timur bisa naik kelas sehingga pelaku usahanya juga semakin sejahtera. Dia yakin kualitas produk UMKM daerah ini mampu bersaing dengan UMKM daerah lain jika terus didukung pemerintah daerah.

Rahmat menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dan Irawati yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilu kepala daerah Rabu (9/12) lalu.

Dia berharap pasangan yang akrab dengan sebutan pasangan HARATI itu nantinya memperhatikan nasib pelaku UMKM. Melihat kepedulian pasangan yang berlatar belakang jabatan sebagai Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur dan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah itu terhadap UMKM selama ini, Rahmat yakin mereka akan lebih meningkatkan perhatian untuk mengangkat kesejahteraan pelaku UMKM.

Baca juga: PDIP Kotim umumkan kemenangan Halikinnor-Irawati

Baca juga: Ketua DPRD Kotim apresiasi pilkada lancar


Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024