Sampit (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur memanfaatkan momen pawai pembangunan sekaligus untuk mempromosikan kesiapan daerah ini menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah pada Juni 2023 nanti. 

"Kita menyadari bahwa peran masyarakat juga sangat penting untuk menyukseskan Porprov nanti, makanya KONI Kotawaringin Timur terus gencar melakukan sosialisasi Porprov, salah satunya melalui pawai pembangunan ini," kata Ketua KONI Kotawaringin Timur, Ahyar Umar di Sampit, Minggu. 

Pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Sampit, diikuti 319 kelompok peserta. KONI Kotawaringin Timur adalah salah satu peserta yang ikut meramaikan pawai yang dibuka oleh Bupati Halikinnor itu. 

Ahyar bersama Sekretaris KONI Kotawaringin Timur Andri Rizky Agustian turut hadir bersama rombongan KONI dalam pawai tersebut. Mereka ikut berjalan menyusuri rute pawai yang telah ditetapkan oleh panitia. Turut pula dalam rombongan, seorang peserta berpakaian karakter burung tingang yang dijadikan maskot Porprov Kalteng 2023.

Saat melintas di depan panggung kehormatan, Ahyar bersama Kepala Dispora Kotawaringin Timur Wim RK Bening menyerahkan ukiran maskot Porprov kepada Bupati Halikinnor, Ketua DPRD Rinie dan Wakil Bupati Irawati. 

Keikutsertaan KONI Kotawaringin Timur dalam pawai pembangunan ini dinilai sangat strategis. Selain untuk meramaikan pawai memeriahkan HUT RI, keikutsertaan ini juga untuk mensosialisasikan pelaksanaan Porprov Kalimantan Tengah. 

Pawai ini disaksikan puluhan ribu warga sehingga sangat tepat dimanfaatkan juga untuk sosialisasi rencana pelaksanaan Porprov. Harapannya masyarakat mengetahui sehingga ikut mempersiapkan diri untuk menyambut kejuaraan bergengsi tersebut. 

Baca juga: DPRD Kotim ikut meriahkan pawai pembangunan

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menginginkan sukses ganda pada Porprov Kalimantan Tengah nanti, yakni sukses sebagai tuan rumah penyelenggara, serta sukses dalam meraih prestasi sebagai juara umum Porprov. 

Target menjadi tuan rumah yang sukses menyelenggarakan Porprov, juga memerlukan dukungan masyarakat. Masyarakat juga berperan agar ribuan atlet dan pendamping yang data luar daerah nanti bisa merasa betah dan nyaman selama berasa di Kotawaringin Timur. 

Selain itu, dengan mengetahui gelaran Porprov nanti maka masyarakat bisa mempersiapkan untuk mengoptimalkan momen tersebut. Contohnya, masyarakat bisa mulai mempersiapkan usaha yang berpeluang dioptimalkan dengan memanfaatkan kehadiran ribuan tamu luar daerah ke Sampit nanti. 

"Melalui kesempatan ini, kami juga ingin meminta dukungan dan doa restu dari seluruh masyarakat agar kita bisa sukses menyelenggarakan Porprov, serta mampu meraih juara umum. Dukungan masyarakat sangat berarti," demikian Ahyar.

Ada 29 cabang olahraga yang dipertandingkan. Setiap cabang olahraga diminta meningkatkan pembinaan atlet agar bisa meraih medali sebanyak-banyaknya. 

Diperkirakan ada ribuan atlet dari 12 kabupaten dan satu kota akan datang ke Sampit saat Porprov Kalteng. Jumlah itu ditambah pendamping dan keluarga atlet yang mungkin juga ikut ke Sampit untuk menyaksikan pertandingan sekaligus berwisata. 

Para tamu yang datang tersebut dipastikan akan mengeluarkan uang mereka untuk menginap, membeli makanan, berbelanja, berwisata dan menikmati hiburan. Hal itu nantinya berdampak pada meningkatnya perputaran uang di daerah ini. 

Baca juga: Partisipasi Musim Mas Group di pawai pembangunan diapresiasi Bupati Kotim

Baca juga: Perlu lima jam Bupati Kotim tuntaskan 319 peserta pawai pembangunan

Baca juga: Bupati Kotim janjikan pembangunan tribun Lapangan Persada Samuda

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024