Sampit (ANTARA) - Ahyar Umar kembali mendapat kepercayaan memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah periode 2023-2027 melalui Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI setempat. 

"Saya mengucapkan selamat kepada ketua terpilih. Pemerintah daerah berkomitmen penuh mendukung KONI, khususnya dalam upaya meraih target menjadi juara umum dan sukses dalam menggelar Porprov Kalteng," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Sabtu. 

Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI Kotawaringin Timur berlangsung lancar. Ahyar Umar yang merupakan petahana menjadi calon tunggal dalam pemilihan calon ketua. 

Ahyar mendaftar dengan dukungan 26 dari 31 cabang olahraga dan 15 dari 17 Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK). Sebagai calon tunggal, Ahyar Umar dipilih secara aklamasi Ketua Umum KONI Kotawaringin Timur periode 2023-2027.

Halikinnor berharap kepengurusan baru bisa meningkatkan kinerja, khususnya dalam mempersiapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah di Sampit pada Juni 2023.

Dia menegaskan komitmen pemerintah daerah terus mendukung KONI, khususnya dalam hal anggaran. Namun dia mewanti-wanti agar semua bisa dipertanggungjawabkan dengan baik, termasuk dalam hal prestasi. 

KONI diminta mempersiapkan atlet mulai penjaringan, pembibitan hingga pembinaan prestasi. Pengurus cabang olahraga harus lebih giat dalam pembinaan prestasi atlet dan selalu menjaga kekompakan. 

"Jangan anggaran besar tapi prestasi nihil. Memang anggaran penting, tapi kalau atlet tidak maksimal atau salah penggunaannya maka hasilnya tidak maksimal juga. Kita ingin juara umum Porprov. Kalau itu tercapai, selanjutnya berapapun anggarannya akan kita dukung untuk mempertahankan prestasi itu," tegas Halikinnor. 

Baca juga: BPN pasang 1000 patok batas tanah di Kotim

Ketua Harian KONI Kalimantan Tengah Christian Sancho menyampaikan apresiasi terhadap pengurus KONI Kotawaringin Timur. Selain kepengurusannya sudah terbentuk hingga di seluruh kecamatan, jalannya organisasi juga dinilai sangat bagus. 

Sancho memuji pelaksanaan Musyawarah Olahraga Kabupaten KONI Kotawaringin Timur yang menurutnya paling lancar dan sangat kondusif. Dia salut dengan kekompakan pengurus KONI, Komite Olahraga Kecamatan, insan olahraga serta pemerintah daerah dalam memajukan Olahraga di daerah ini. 

"Kami menilai KONI Kotawaringin Timur sudah berjalan baik. Kami mendukung siapapun pengurusnya. Kami berharap ini ditingkatkan, apalagi Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Porprov Kalteng," ujar Sancho. 

Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten karena sudah banyak membantu KONI. Dia juga meminta maaf atas kekurangan selama ini. 

Diakuinya, dalam tiga tahun terakhir KONI Kotawaringin Timur menjadi KONI yang mendapat dukungan anggaran terbesar dari pemerintah daerah dibanding KONI kabupaten/kota lain di Kalimantan Tengah. 

Dukungan itu dijawab KONI dengan unjuk prestasi di beberapa kejuaraan, bahkan di tingkat nasional dan internasional. KONI juga wajib menjawab dukungan itu dengan prestasi yaitu juara umum Porprov Kalimantan Tengah 20223.

"Tantangan kepengurusan baru ingin memang pada kesiapan menyelenggarakan Porprov Kalteng. Kami bersyukur persiapan didukung penuh oleh Pemkab Kotim. Kita sudah siap menjadi tuan rumah, apapun yang terjadi. Insya Allah dilaksanakan Juni 2023," tegas Ahyar. 

Ahyar menegaskan, pihaknya akan terus bekerja keras untuk memajukan olahraga Kabupaten Kotawaringin Timur. KONI bertekad meraih target sukses ganda yaitu sukses menjadi tuan rumah serta juara umum Porprov Kalimantan Tengah. 

Baca juga: Pemkab Kotim gugah kesadaran pelajar menjaga kebersihan sejak dini

Baca juga: KTP palsu masih kerap ditemukan di Kotim

Baca juga: Vaksinasi di Kotim tetap perlu digalakkan

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024