Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor meresmikan gedung Sekretariat Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan harapan dapat mendukung peningkatan peran dalam memajukan pendidikan usia dini. 

“Dengan diresmikannya Sekretariat Bunda PAUD maka tentunya pendidikan usia dini bisa lebih fokus, terkoordinasi dan terarah tentunya membawa hasil yang lebih baik,” kata Halikinnor di Sampit, Senin. 

Gedung Sekretariat Bunda PAUD Kotim berlokasi di Jalan Seribu Dahan. Bangunan ini dulunya merupakan Kantor Labkesda Kotim, sebelum Labkesda telah pindah menempati gedung baru di Jalan MT Haryono. 

Peresmian tersebut dihadiri Bunda PAUD Kabupaten Kotim Khairiah, seluruh Bunda PAUD tingkat kecamatan, Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Irfansyah, Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi dan sejumlah camat. 

Halikinnor menuturkan, saat ini Sekretariat Bunda PAUD masih berstatus pinjam pakai, namun ia telah menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk mengurus mutasi aset gedung tersebut menjadi kewenangan Dinas Pendidikan agar dapat digunakan oleh Bunda PAUD sepenuhnya. 

“Harapan kita dengan sekretariat yang representatif kegiatan Bunda PAUD bisa lebih maksimal, setiap program berjalan dengan baik dan berkolaborasi dengan instansi lainnya,” tuturnya. 

Ia melanjutkan, yang terpenting dari keberadaan sekretariat ini harus bisa dimanfaatkan dalam menjawab tantangan kebutuhan pendidik, tenaga pendidik dan anak usia dini terhadap layanan pendidikan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas PAUD di Kotim secara keseluruhan. 

Pendidikan adalah tanggung jawab bersama, maka dari itu ia mengajak seluruh masyarakat untuk komitmen membangun kemajuan Kotim mulai dari pelayanan PAUD dengan cara menunjukkan prestasi kerja yang berintegritas memberikan pelayanan yang jujur,  ramah dan profesional. 

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan apresiasi kepada Bunda PAUD Kotim bersama Pokja Bunda PAUD yang didukung oleh Dinas Pendidikan dan organisasi perangkat daerah, organisasi mitra yang berhasil mengantarkan nama Kotim dari tingkat provinsi sampai nasional pada lomba apresiasi Bunda PAUD Kabupaten 2023.

Baca juga: Disdik telusuri video pornografi diduga pelajar Kotim

“Tahun ini pun saya berharap Bunda PAUD Kotim tetap memberikan yang terbaik sehingga dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang diraih,” pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Bunda PAUD Kotim Khairiah Halikinnor mengaku sangat senang dan bangga dengan diberikannya fasilitas sekretariat walaupun sementara masih berstatus pinjam pakai. Pasalnya, hal ini telah dinantikan selama kurang lebih 3,5 tahun sejak ia menjabat sebagai Ketua. 

“Harapan kami ke depan pemerintah daerah dapat memberikan kantor sekretariat permanen dan tidak berstatus pinjam pakai serta anggaran operasional untuk Bunda PAUD Kotim,” ucapnya. 

Khairiah melanjutkan, kedepannya sekretariat ini akan beroperasi setiap Senin hingga Kamis untuk pelayanan PAUD. 

Disamping itu keberadaan sekretariat tersebut juga melibatkan sejumlah unit, salah satunya unit untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK), karena saat ini sekolah PAUD untuk ABK masih terbatas. 

Oleh sebab itu, pihaknya berharap adanya dukungan dana dari pemerintah daerah untuk mendukung program dan kegiatan Bunda PAUD, sebab anggaran hibah yang diterima dari Dinas Pendidikan terbilang kecil, yakni sekitar Rp200 juta per tahun. 

“Bunda PAUD berharap dapat bekerjasama dengan semua elemen masyarakat agar pelayanan PAUD menjadi optimal, selain itu Bunda PAUD juga berperan menjadi fasilitator dan motivator penyelenggaraan PAUD yang berkualitas. Untuk itu kami memerlukan dukungan dana,” sebutnya. 

Ia menambahkan, keberadaan sekretariat juga sangat penting untuk penilaian ajang Apresiasi Bunda PAUD. Selama ini, penilaian Bunda PAUD Kotim kurang karena tidak adanya sekretariat. 

“Namun itu tidak mematahkan semangat kami sehingga kami tetap berjuang. Alhamdulillah sekarang kami sudah memiliki sekretariat, tentunya itu bisa menjadi motivasi dan semangat lebih besar untuk kami,” demikian Khairiah. 

Baca juga: PT Globalindo Alam Perkasa bergerak cepat membantu korban banjir di Kotim

Baca juga: BMKG Kotim minta masyarakat waspadai fenomena bulan perigee terhadap banjir

Baca juga: Gebyar Talenta Spensa, ratusan pelajar unjuk bakat dan keterampilan


Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024