Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, memamerkan berbagai produk khas daerah setempat di ajang Kalteng Expo 2024 di Palangka Raya pada 11-15 Mei 2024.

Salah satu produk yang dipamerkan pada ajang Kalteng Expo 2024 yakni benang bintik atau batik khas Gumas, kata Bupati Jaya S Monong saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Minggu.

“Batik khas Gumas memiliki corak objek wisata yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’. Semoga melalui ajang tersebut objek wisata dan batik khas Gumas semakin dikenal masyarakat luas,” sambung dia.

Untuk diketahui, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gumas melaksanakan lomba desain benang bintik khas kabupaten setempat pada tahun 2020. Desain dari para peserta tadi yang diolah menjadi beragam busana, baik formal maupun non formal.

Batik khas Gumas resmi diluncurkan saat pelaksanaan Festival Tuah Mahasur di Kuala Kurun pada tahun 2022. Motif yang ditampilkan antara lain objek wisata Air Terjun Batu Mahasur, Air Terjun Bawin Kameloh, Batu Suli, Taman Hutan Raya Lapak Jaru, Betang Damang Batu, dan lainnya.

Baca juga: Pemkab Gumas anggarkan Rp3 miliar tingkatkan jalan Marikoi-Mahuroi

Batik dengan beragam motif objek wisata itulah yang dipamerkan oleh pemkab di stan khusus Gumas, pada ajang Kalteng Expo 2024 di Palangka Raya, 11-15 Mei 2024.

“Selain batik khas Gumas, pemkab juga memamerkan berbagai produk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal. Ada produk-produk kerajinan tangan, makanan olahan, dan lainnya,” terang Jaya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalteng menggelar Kalteng Expo 2024 sebagai salah satu upaya dalam mendukung sekaligus menyukseskan Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dengan memfasilitasi para pelaku UMKM dan IKM serta lainnya.

"Kalteng Expo ini diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi komoditas unggulan daerah Kalimantan Tengah," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Minggu.

 Kalteng Expo merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi yang pada tahun ini berusia ke-67 tahun.

Baca juga: Tiga desa di wilayah Damang Batu Gunung Mas akhirnya dialiri listrik PLN

Baca juga: Bupati Gumas: Pengajaran ala Pak Kasur langkah transisi PAUD ke SD

Baca juga: Guna menunjang pelaksanaan tugas, Kades se-Gumas dapat motor dinas


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024