Sampit (ANTARA) -
Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor menyampaikan akan meningkatkan kualitas jalan Perum Betang Raya, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang tahun ini. 
 
“Kami hari ini meninjau jalan di Perumahan Betang Raya ternyata kondisinya cukup parah, insya Allah tahun ini juga kami akan melakukan peningkatan jalan,” kata Halikinnor di Sampit, Sabtu. 
 
Halikinnor didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (SDABMBKPRKP) Kotim Mentana Dhinar Tistama meninjau langsung kondisi Jalan Perum Betang Raya. 
 
Ia merasa prihatin dengan kondisi jalan berpasir yang berlubang di sejumlah titik. Terlebih di sekitar lokasi tersebut ada sekolah, SMPN 8 Sampit, sehingga hampir setiap hari para pelajar melintas di jalan rusak yang tentunya tidak nyaman dan aman bagi mereka.
 
Oleh sebab itu, ia menginstruksikan agar dinas terkait segera melakukan peningkatan kualitas jalan tersebut, meskipun pada awalnya jalan Perum Betang Raya belum masuk dalam agenda perbaikan jalan tahun anggaran 2024.
 
Namun, Halikinnor menyampaikan peningkatan kualitas jalan Perum Betang Raya dilakukan secara bertahap. Pada 2024 rencananya jalan tersebut ditangani menggunakan agregat, khususnya pada titik-titik yang berlubang. 

Baca juga: BKSDA Sampit buru buaya yang masuk kawasan permukiman
 
Kemudian, jika anggaran daerah memungkinkan pihaknya melakukan pengaspalan dari jalan Perum Robby hingga jalan Perum Betang Raya yang memiliki panjang kurang lebih dua kilometer. 
 
“Sementara kita tangani agregat dulu pada spot-spot, minimal jalan itu fungsional. Insya Allah tahun depan jika keuangan memungkinkan kita prioritaskan untuk di aspal sampai Perumahan Robby,” demikian Halikinnor. 
 
Sementara itu, Ketua RT setempat Rara mengaku bersyukur dengan kunjungan rombongan bupati ke lingkungan mereka, karena memberikan harapan agar jalan di perumahan tersebut bisa lebih baik kedepannya. 
 
“Alhamdulilah, kami berterima kasih atas respons baik bupati. Semoga rencana peningkatan jalan ini bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya. 
 
Ia menambahkan, kerusakan Jalan Perum Betang Raya sudah cukup lama. Sebelumnya, telah dilakukan peningkatan jalan dengan metode semenisasi di kawasan tersebut, tapi hanya sampai jalan Perum Robby yang berjarak kurang lebih 200 meter dari jalan Perum Betang Raya. 
 
Oleh karena itu, warga setempat pun berharap pemerintah daerah melanjutkan peningkatan jalan hingga Perum Betang Raya. Dengan pernyataan bupati Kotim, mereka pun merasa bersyukur karena aspirasinya didengar kepala daerah. 

Baca juga: Pemkab Kotim upayakan perbaikan Jembatan Sapihan

Baca juga: Bupati Kotim optimistis MTQ ke-55 dilaksanakan tepat waktu

Baca juga: Bupati Kotim tegaskan penggunaan dana BOSP harus tepat sasaran

Pewarta : Devita Maulina
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024