Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Veronica Lenny Puspasari mengungkapkan bahwa usulan masyarakat masih didominasi proposal-proposal dalam bidang keagamaan. 

“Bidang keagamaan masih mendominasi setiap usulan yang disampaikan masyarakat,” kata Veronica di Pulang Pisau, Selasa.

Dikatakan Veronica, bagian kesra dalam urusan di pemerintahan berusaha memfasilitasi hibah untuk lembaga keagamaan dan rumah ibadah serta melaksanakan pembinaan terhadap mental dan spiritual masyarakat.

“Banyak juga kegiatan-kegiatan keagamaan masyarakat yang operasionalnya difasilitasi oleh bidang kesra dalam rangka pembinaan mental dan spiritual masyarakat,” ucapnya 

Kegiatan-kegiatan keagamaan ini, terang Veronica, diberikan untuk seluruh agama yang ada di kabupaten setempat. Seperti agama Kaharingan, pemerintah setempat memfasilitasi terselenggaranya Festival Tandak Intan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi umat Kaharingan dalam bidang spiritual.

Baca juga: Hari pertama nihil pendaftar bakal calon di KPU Pulang Pisau

“Sama seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), Utsawa Dharma Gita yang dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan oleh masing-masing agama yang ada di kabupaten setempat,” bebernya. 

Untuk usulan yang bersifat fisik rumah ibadah, terang Veronica, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk memenuhi usulan masyarakat tersebut melalui Bidang Cipta Karya. 

Menurutnya, pihaknya juga terbuka dalam menerima usulan-usulan masyarakat disampaikan melalui proposal. Proposal ini selanjutnya dibawa dan dibahas Tim Anggaran Pemerintah daerah (TAPD) untuk ditentukan mana yang bisa direalisasikan dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tahun ini, papar Veronica, pemerintah setempat melalui bidang Kesra juga memberikan bantuan untuk penunjang kegiatan ibadah serta bantuan peralatan musik keagamaan seperti rebana atau hadrah. Realisasi penyerapan dari berbagai bantuan dan dukungan operasional yang dialokasikan dalam anggaran murni 2024 telah mencapai 80 persen. 

Baca juga: Oknum pegawainya bikin geram warganet, ini tanggapan Direktur RSUD Pulang Pisau

Baca juga: Satu orang tewas usai kecelakaan tunggal di Pulang Pisau

Baca juga: Kementan: Pemuda harus ambil peran dalam bidang pertanian

Pewarta : Adi Waskito
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024