Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden meluncurkan sarana akses literasi digital titik baca atau Tugu Titik Baca di Kuala Kurun, guna meningkatkan literasi masyarakat di daerah setempat.
 
“Tugu Titik Baca merupakan pendekatan layanan perpustakaan kepada masyarakat, untuk mengakses buku bacaan digital koleksi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gumas,” ucapnya di Kuala Kurun, Selasa.
 
Dia menjelaskan, Tugu Titik Baca menggunakan teknologi Quick Response (QR) code, yang harus dipindai oleh masyarakat dengan menggunakan kamera telepon seluler, jika ingin membaca digital koleksi DPK Gumas.
 
Semua koleksi buku digital tadi, sambung dia, dapat dibaca oleh masyarakat luas secara gratis. Oleh sebab itu, masyarakat khususnya generasi muda diminta untuk memanfaatkan Tugu Titik Baca secara optimal.
 
Sementara itu, Kepala DPK Gumas Maria Efianti menyampaikan bahwa saat ini Tugu Titik Baca ditempatkan di dua titik di Kota Kuala Kurun, tepatnya di perpustakaan daerah dan di Taman Kota Kuala Kurun.

Baca juga: Pj Bupati Gumas minta paslon konsisten implementasikan deklarasi damai
 
Dia menyebut, Tugu Titik Baca sengaja ditempatkan di perpustakaan daerah, karena diharap ke depan perpustakaan tersebut dapat menjadi pusat kegiatan membaca bagi masyarakat khususnya generasi muda.
 
Satu lagi ditempatkan di Taman Kota Kuala Kurun, mengingat taman ini merupakan pusat wisata kuliner di kota setempat yang banyak dikunjungi masyarakat, termasuk generasi muda.
 
Dengan demikian, sambung dia, masyarakat khususnya generasi muda akan tertarik dan meluangkan waktu mereka untuk membaca berbagai koleksi buku digital milik DPK Gumas, dan tidak melakukan hal-hal negatif.
 
Dia menjelaskan bahwa Tugu Titik Baca memiliki radius beberapa meter. Artinya, masyarakat yang ingin membaca koleksi buku digital milik DPK Gumas harus berada di sekitar tugu tersebut.
 
“Dengan adanya Tugu Titik Baca, kami bisa melihat ada berapa pengunjung, jenis buku digital yang diakses, dan lainnya. Kalau memang diperlukan, kami akan melakukan perluasan tugu baca,” demikian Maria.

Baca juga: Pj Bupati harapkan Bunda Literasi Gumas tingkatkan minat baca masyarakat

Baca juga: Rony Karlos nyatakan dukungan ke paslon 1 di Pilkada Gumas 2024

Baca juga: Pemkab komitmen tingkatkan PPID di Gunung Mas

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024