Tamiang Layang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mulai memproses pencetakan surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Pencetakan surat suara menjadi prioritas utama dalam pemenuhan kebutuhan logistik pemilu 2024. Diproyeksikan sebanyak 87.005 lembar surat suara guna mengakomodasi jumlah pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Rabu,

Menurutnya, 87.005 lembar dan proses pencetakan ini akan dilakukan secara bertahap. Setelah seluruh surat suara selesai dicetak, tahap berikutnya adalah penyortiran.

Langkah penyortiran dilakukan untuk memastikan tidak ada surat suara yang rusak atau tidak layak pakai sebelum didistribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Setelah pencetakan selesai, kami akan melakukan proses penyortiran dengan hati-hati untuk memastikan kualitas surat suara. Kemudian surat suara ini akan disimpan di lokasi yang aman hingga tiba waktu pendistribusian ke TPS," jelas Satya.

Baca juga: Pemkab Barito Timur siapkan rekrutmen PPPK usai seleksi CASN 2024

KPU Barito Timur juga mencatat jumlah pemilih di kabupaten tersebut berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 84.797 jiwa. Dari total tersebut, sebanyak 43.020 jiwa di antaranya adalah pemilih laki-laki dan 41.777 merupakan pemilih perempuan.

Dalam persiapan ini, KPU Barito Timur tidak hanya mencetak surat suara, tetapi juga mempersiapkan berbagai kebutuhan logistik lainnya, seperti kotak suara, bilik suara, tinta, dan perlengkapan lain yang diperlukan di TPS.

“Semua persiapan ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu agar tidak ada kendala saat hari pemungutan suara tiba,” kata Satya Hedipuspita.

Satya menambahkan, KPU berkomitmen untuk melaksanakan seluruh tahapan pemilu dengan cermat dan penuh tanggung jawab, termasuk dalam hal distribusi logistik yang akan dilakukan dengan pengawalan ketat.

Keamanan dan ketepatan distribusi logistik menjadi prioritas untuk memastikan bahwa pemilu di Barito Timur dapat berlangsung lancar dan sesuai jadwal.

Pilkada Barito Timur diikuti tiga pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur. Nomor urut satu M Yamin – Adi Mula Nakalelu, nomor urut dua Pancani Gandrung – Raran, dan nomor urut tiga Ariantho S Muler – Ahmadi.

Baca juga: Kodim 1012/Buntok laksanakan TMMD Ke-122 di Bartim

Baca juga: Bawaslu belum temukan pelanggaran kampanye di Pilkada Barito Timur

Baca juga: Ketua KPU Bartim: Rapat terbatas dan tatap muka tidak ada batasan


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024