Jalan di Kuta ditutup jelang pergantian tahun

id Jalan di Kuta ditutup jelang pergantian tahun

 Jalan di Kuta ditutup jelang pergantian tahun

Sejumlah remaja putri mengenakan pakaian khas Bali dalam parade Kuta Karnival ke-10 di Pantai Kuta, Bali, Rabu (10/10). (FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana) istimewa

... masyarakat dan wisatawan yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Pantai Kuta dapat berjalan kaki... "
Denpasar (ANTARA News) - Sejumlah ruas jalan di kawasan wisata Kuta, Kabupaten Badung, Bali, khususnya Jalan Pantai Kuta dan Legian, akan ditutup dan dialihkan menjelang perayaan malam pergantian tahun pada 31 Desember 2012 mulai pukul 14.00 Wita.

"Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat agar diketahui dan tidak terjebak kemacetan pada malam tahun baru bahwa beberapa jalur akan ditutup dan ada pengalihan arus," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Komisaris Besar Polisi Hariadi, di Denpasar, Rabu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya pada perayaan pergantian tahun, ikon pariwisata Pulau Dewata itu dipastikan akan dipadati ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berlibur sekaligus merayakan malam pergantian tahun.

Menurut dia, penutupan dan pengalihan jalan meliputi arus lalu lintas yang masuk melalui Jalan Dewi Sartika atau Kartika Plaza menuju Pantai Kuta di tutup dan dialihkan ke Jalan Singasari/Jalan Ciung Wanara-Simpang Bemo Corner-Simpang Temacun-Jalan Setia Budi menuju Simpang Dewa Ruci-Jalan Imam Bonjol atau By Pass Ngurah Rai.

Sementara itu untuk arus lalu lintas dari Seminyak menuju Legian juga akan ditutup dan dialihkan ke Jalan Sriwijaya-Jalan Jelantik-Jalan Dewi Sri dan keluar menuju Jalan Sunset Road.

"Arus lalu lintas dari Simpang Dewa Ruci menuju Jalan Setia Budi juga ditutup dan dialihkan ke Bypass I Gusti Ngurah Rai menuju Nusa Dua- Jalan Imam Bonjol-Jalan Teuku Umar.

Sedangkan arus dari Jalan Sunset menuju Jalan Nakula dan Jalan Kunti yang akan menuju Jalan Seminyak ditutup dan dialihkan ke Jalan Sunset Road-Simpang Dewa Ruci Bypass Ngurah Rai.

Hariadi menambahkan, awal penutupan dan pengalihan arus itu akan dilakukan mulai pukul 14.00 WITA untuk pembersihan parkir di sepanjang Jalan Pantai Kuta- Jalan Legian-Jalan Melasti hingga Kuta Square.

Dipastikan mulai pukul 16.00 Wita maka semua arus lalu lintas yang masuk menuju Jalan Legian dan Jalan Pantai Kuta ditutup hingga perayaan malam menuju tahun baru usai.

Bagi masyarakat yang akan memarkir kendaraannya akan diarahkan ke Pusat Parkir Kuta dan kantong-kantong parkir yang ada di sekitar wilayah Kuta. Untuk selanjutnya masyarakat dan wisatawan yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Pantai Kuta dapat berjalan kaki.

"Kami juga mengimbau untuk tetap waspada dan mematuhi peraturan lalu lintas," ujar Hariadi.