Kanada peringatkan kemungkinan perang saudara Irak

id Jenderal Lloyd Austin III dan Sersan Mayor Joseph Allen (tengah) m

 Kanada peringatkan kemungkinan perang saudara Irak

Jenderal Lloyd Austin III dan Sersan Mayor Joseph Allen (tengah) menutup kain pembungkus saat mereka menurunkan bendera upacara militer AS, menandai berakhirnya keterlibatan militer di Pusat Dukungan Diplomatik Baghdad,Kamis(15/12).(REUTERS/Lucas Jac

... keamanan di Irak telah rapuh selama bertahun-tahun... "
Ottawa, Kanada (ANTARA News) - Serentetan kekerasan yang mematikan bisa berisiko menceburkan Irak ke dalam perang saudara sektarian, kata diplomat tinggi Kanada, Selasa. Seorang warga Kanada merupakan salah satu korban terbaru kekerasan bersenjata itu.

"Situasi keamanan di Irak telah rapuh selama bertahun-tahun," kata Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird,  dalam satu pernyataan.

"Tetapi jenis kekerasan yang telah kita saksikan meningkat dalam beberapa hari terakhir ini sangat mengganggu dan berisiko mengembalikan negara ke perang saudara sektarian."

Irak sedang berjuang untuk mengatasi gelombang kerusuhan yang telah menewaskan 387 orang sejauh bulan ini, termasuk 21 yang meninggal pada Selasa.

Kekerasan di Irak telah menurun dari puncaknya pada 2006-2007, tetapi serangan-serangan masih umum terjadi, menewaskan lebih dari 200 orang pada lima bulan pertama tahun ini, menurut angka AFP.

Baird mengatakan beberapa kekerasan tampaknya terinspirasi kekuatan luar dan mendesak pemerintah Irak untuk melakukan semua yang mereka bisa untuk meningkatkan keamanan.

Dia tidak mengidentifikasi warga Kanada yang tewas.

(H-AK)