Barsel Bebas Dari Beras Plastik

id Barsel Bebas Dari Beras Plastik, beras sintetis

Barsel Bebas Dari Beras Plastik

IIlustrasi - Petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan menguji beras yang dijual di salah satu agen saat sidak beras sintetis. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Perindusrian dan Perdagangan Koperasi dan UMKM Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyatakan kabupaten setempat bebas dari peredaran beras plastik.

"Berdasarkan hasil peninjauan dilapangan, kita tidak menemukan beras plastik atau sintetis beredar dipasaran," kata Kabid Perdagangan, Disperindagkop dan UMKM Barsel, Yust Ellgoland, M.Si di Buntok, Rabu.

Pengecekan tersebut dilakukan pihaknya bersamaan dengan memperbaharui kontrak toko dengan para pedagang di Plaza Beringin Buntok belum lama ini.

Selain Disperindagkop dan UMKM Barsel, pihak Polres Barsel juga sudah melakukan pengecekan dan mereka tidak menemukan beras plastik beredar di pasaran.

Meskipun demikian lanjut Yust Ellgoland, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan seminggu menjelang bulan Ramadhan mereka akan melakukan pengecekan kembali kelapangan.

Pengecekan tersebut kita lakukan untuk memastikan kembali sekaligus untuk memantau harga dan ketersediaan barang menjelang bulan suci Ramadhan 1436 Hijriyah, katanya.

Selain melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang dipasaran, pihaknya juga berencana akan melaksanakan kegiatan pasar murah dienam kecamatan menjelang bulan puasa nanti.

Pasar murah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk meringankan beban warga yang kurang mampu menjelang hari besar keagamaan, demikian kata Yust Ellgoland.*