Penerima Program Keluarga Harapan Di Barsel 176 KSM

id Penerima Program Keluarga Harapan Di Barsel 176 KSM, Ahmadi, PKH, Penerima Program Keluarga Harapan

Penerima Program Keluarga Harapan Di Barsel 176 KSM

Salah satu warga memperlihatkan kartu program keluarga harapan (PKH) (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

kita sedang melakukan verifikasi dengan tiga pendamping yang nantinya mendata jumlah KSM ditiga kecamatan....."
Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah daerah Kabupaten Barito Selatan melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyebutkan jumlah penerima program keluarga harapan tahun 2014 tercatat 176 keluarga sangat miskin.

"Jumlah tersebut tersebar di kecamatan Dusun Selatan dan Dusun Utara," kata Kepala Dinsosnakertrans Barsel Drs Erik Kusdaryanto, M. Si melalui bagian sekretariat Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH), Ahmadi, A. MK, di Buntok, Kamis.

Dia mengatakan, dana KSM itu sudah disalurkan empat kali pada 2015. Penyaluran tahap pertama sudah dilakukan beberapa waktu lalu dengan Rp64.787.500 dan tahap kedua Rp157.606.250.

"Penyaluran triwulan ketiga rencananya akan dilakukan pemerintah pusat melalui kantor Pos yang ditransfer langsung ke rekening masing-masing KSM pada September 2015," tambah Ahmadi.

Terkait besaran dana yang diterima masing-masing KSM, menurut dia, minimal Rp900 ribu dan maksimum Rp3,7 juta. Semua ini tergantung apakah ada ibu hamil dan anak yang sekolah pada tingkat SD dan SMP hingga SMA pada setiap KSM.

Dia juga menyatakan akan memverifikasi data KSM 2015 di tiga kecamatan lainnya di Barsel. Upaya verifikasi data ini dinilai perlu untuk kepentingan penyaluran dana tersebut di masa mendatang.

"Saat ini kita sedang melakukan verifikasi dengan tiga pendamping yang nantinya mendata jumlah KSM ditiga kecamatan. Untuk satu orang pendamping akan mendata satu kecamatan dan beberapa desa," jelasnya.

Manager pelayanan Kantor Pos Barsel, Novita Suryani mengatakan, pencairan dana KSM tahap kedua telah disalurkan pada 18-20 Agustus 2015. Penyaluran dana tersebut dilakukan di Kantor Pos Buntok dan Kantor Pos Pendang kecamatan Dusun Utara.