UM Palangkaraya Kerjasama Program Gelar Ganda dengan Universitas Korsel

id UM palangkaraya, double degre, gelar ganda

UM Palangkaraya Kerjasama Program Gelar Ganda dengan Universitas Korsel

Kampus Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (Ist)

Palangkaraya (Antara Kalteng) - Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) akan membuka program "Double Degree" (gelar ganda) menyusul adanya penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara UMP dan Universitas Kyungdong Korea Selatan pada Minggu (17/1`) di Palangka Raya.

"Double Degree" atau yang lebih sering dikenal dengan gelar ganda ialah penyelenggaraan kegiatan antar perguruan tinggi, dimana kerja sama perguruan tinggi dalam negeri dengan perguruan tinggi luar negeri melaksanakan program studi secara bersama dan mengakui lulusannya, serta memperoleh gelar yang juga ganda.

Rektor UM Palangkaraya, Drs H Bulkani, MPd mengatakan, kerja sama internasional terus dikembangkan oleh UM Palangkaraya, yang kali ini dengan universitas terkemuka di Korea Selatan, Universitas Kyungdong, setelah sebelumnya kerjasama dengan China, Amerika Serikat dan Thailand.

"Kerja sama akan terus ditingkatkan, tidak hanya perguruan tinggi di Korea saja tetapi juga perguruan tinggi yang tergabung dalam ASEAN, hal itu bertujuan untuk mempersiapkan lulusan UMP agar dapat bersaing dan menghadapi tantangan di MEA," ujar Bulkani.

Harapan dari Rektor yang sebentar lagi akan mendapat gelar Doktor tersebut adalah lulusan UM Palangkaraya dapat menghadapi tantangan globalisasi tersebut.

"Membuka program 'Double Degree' tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih siap menghadapi tantangan di MEA," ujarnya.

Selain program di Double Degree, UM Palangkaraya juga akan membuka  Pusat Bahasa Korea (Korea Language Center) di UM Palangkaraya, yang pengajarnya ada dari Universitas Kyungdong dan pertukaran dosen.