Sekolah Jurusan Perhotelan Di Sampit Semakin Menjanjikan

id Kotawaringin Timur, Sampit, Kotim Sekolah Jurusan Perhotelan, Sampit, Perhotelan

Sekolah Jurusan Perhotelan Di Sampit Semakin Menjanjikan

Wakil Bupati Kotawaringin Timur, HM Taufiq Mukri meresmikan ruang praktik perhotelan dan mencanangkan program literasi SMKN 4 Sampit, Rabu (18/5). (FOTO ANTARA Kalteng/Norjani)

...Kami berharap lulusan jurusan ini akan diserap oleh hotel-hotel yang semakin banyak di daerah kita ini. Apalagi pihak sekolah juga ada kerja sama dengan hotel terkenal,"
Sampit (Antara Kalteng) - Prospek sekolah jurusan perhotelan semakin menjanjikan seiring munculnnya hotel berbintang di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yang siap menyerap lulusannya sebagai tenaga kerja.

"Kami berterima kasih karena di SMKN 4 Sampit terus mengembangkan jurusan perhotelan karena prospeknya juga sangat bagus. Kami berharap lulusan jurusan ini akan diserap oleh hotel-hotel yang semakin banyak di daerah kita ini. Apalagi pihak sekolah juga ada kerja sama dengan hotel terkenal," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri usai meresmikan empat ruang praktik perhotelan di SMKN 4 Sampit, Rabu.

Sekolah kejuruan kini semakin diminati karena lulusannya memang disiapkan untuk bersaing dalam bursa kerja. Berbagai keterampilan menjadi keunggulan masing-masing sekolah, dapat menjadi modal penting bagi siswa jika ingin langsung terjun ke bursa kerja setelah lulus nanti.

Seperti jurusan perhotelan, prospeknya dinilai menjanjikan. Laju pertumbuhan ekonomi dan sejalan program pemerintah menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata, membuat bidang perhotelan makin memiliki peluang yang bagus.

"Ruang praktik perhotelan yang baru diresmikan ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin supaya bisa menghasilkan anak didik yang siap bersaing di bursa kerja," harap Taufiq.

Kepala SMKN 4 Sampit Esther Rachmadiasari mengatakan, pihaknya bekerja keras memaksimalkan potensi yang ada untuk memajukan sekolah dan siswa meski dihadapkan pada kendala terbatasnya lahan yang hanya satu hektare. Pihak sekolah juga sudah bermitra dengan sebuah hotal paling besar di Sampit saat ini program magang dan juga harapan penyerapan tenaga kerja.

"Ada lima jurusan di sekolah kami, yaitu pertanian, perkebunan, hasil pertanian, perhotelan, usaha perjalanan wisata. Dua di antaranya bidang kepariwisataan. Kami mendapat bantuan dana dari pusat untuk membangun empat unit ruang praktik perhotelan. Kami juga memiliki lahan di km 9 Jalan Jenderal Sudirman untuk praktik perkebunan. Kami juga bermitra dengan petani untuk menunjukkan lulusan siswa SMKN 4 Sampit kompetitif dan siap bekerja," kata Esther.

SMKN 4 Sampit yang dulunya merupakan sekolah swasta bidang pertanian, mengalami kemajuan cukup pesat. Sekolah ini bahkan terpilih menjadi duta Kalimantan Tengah dalam pameran tingkat nasional LKS di Malang pada 20 Mei nanti dengan memamerkan produk hasil siswa SMKN 4 Sampit seperti produk panganan, sambal khas Dayak dan lainnya. Pihak sekolah juga sudah mendapat izin untuk memasarkan hasil produk mereka.