Palangka Raya Segera Distribusikan Rastra Terakhir Sebanyak 5.583 RTS

id Palangka Raya, Pemkot Palangka Raya, Restra, Palangka Raya Segera Distribusikan Rastra Terakhir, Amril Norman, Palangka Raya Segera Distribusikan Rast

Palangka Raya Segera Distribusikan Rastra Terakhir Sebanyak 5.583 RTS

Plt Kepala Bagian Kesra, Pemkot Palangka Raya, Amril Norman (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, segera mendistribusikan beras masyarakat sejahtera (rastra) tahap akhir kepada 5.583 Rumah Tangga Sasaran (RTS).

"Rastra di kota kita dibagikan per triwulan. Rastra bulan sebelumnya telah terbagi 100 persen. Untuk tahap akhir atau triwulan keempat, dijadwalkan akan didistribusikan pada 8 November ini," kata Plt Kepala Bagian Kesra, Pemkot Palangka Raya, Amril Norman di ruang kerjanya, Kamis.

Dia menerangkan, setiap kali penyaluran, rastra yang didistribusikan sebanyak 251.235 kg. Jumlah itu diperoleh dari total RTS (5.583) dikali perolehan rastra per kepala keluarga (15 kg) dikali tiga yang merupakan representasi pembagian rastra per tiga bulan sekali.

Namun, lanjut Amril, untuk distribusi rastra ke-13 dan 14 pihaknya belum bisa memastikan kuota dan waktu ataupun kepastian pembagian karena hingga kini belum ada petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat.

"Untuk rastra ke-13 dan 14 kita belum tahu. Karena petunjuk dari pusat belum ada, kami pun tidak bisa memberi komentar lebih lanjut. Apalagi memberi kepastian adanya pembagian rastra tersebut. Biasanya jika ada kuota kami akan mendapat surat pemberitahuan. Ketika itu terjadi kami pun siap menindak lanjuti," katanya.

Kuota atau pagu penerima rastra di "Kota Cantik" ini tetap atau sama seperti pagu 2015 yang mencapai 5.583 RTS.

Hanya saja, lanjutnya, data RTS tersebut mengalami penyesuaian karena adanya perubahan status ekonomi, perpindahan penduduk atau pun penerima rastra meninggal sehingga harus digantikan RTS baru.

Pihaknya pun berharap kualitas rastra yang didistribusikan dalam kondisi baik dan layak konsumsi.

Selain itu proses distribusi beras seharga Rp1.600/kg itu juga diharapkan lancar sehingga RTS dapat menikmati bantuan subsidi dari pemerintah itu tepat waktu.