Hancurkan Everton, Chelsea Lompat ke Puncak

id chelsea lawan everton, chelsea, eden hazard, everton

Hancurkan Everton, Chelsea Lompat ke Puncak

Pemain Chelsea Eden Hazard (Reuters)

London (ANTARA News) - Chelsea berhasil menghancurkan Everton dengan skor 5-0 dalam laga pekan ke-11 Liga Utama Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu dini hari WIB, demi menjejaki puncak klasemen sementara.

Tiga poin tambahan yang diraih pasukan arahan Antonio Conte itu membuat mereka kini memiliki 25 poin dan melompat dari urutan keempat ke puncak klasemen, melewati Manchester City (24), Arsenal (23) dan Liverpool (23).

Meski demikian, Chelsea bisa saja hanya menikmati puncak klasemen selama kurang dari 24 jam mengingat Arsenal baru akan melakoni laga pekan ke-11 melawan Tottenham Hotspur (20) pada Minggu petang kemudian disusul Liverpool menjamu Watford 15).

Hasil itu sekaligus menjadi kemenangan kelima berturut-turut yang diraih Chelsea di laga Liga Inggris, selepas terakhir kali menelan dua kekalahan beruntun dari Liverpool (1-2) dan Arsenal (0-3).

Eden Hazard memborong dua dari lima gol kemenangan Chelsea, sementara Marcos Alonso, Diego Costa dan Pedro Rodriguez masing-masing mencetak satu gol.

Ronald Koeman memasuki laga dengan strategi yang ultradefensif, 5-3-2, memberikan kesempatan Chelsea untuk lebih banyak mengendalikan bola di area tengah sekaligus membangun serangan-serangan berbahaya.

Hazard membuka pesta gol Chelsea pada menit 19 setelah Gareth Barry kehilangan bola di lapangan tengah, bola direbut Costa dan disodorkan kepada Hazard yang dengan sigap melepaskan tendangan keras mengarah ke sudut kanan bawah gawang.

Chelsea hanya membutuhkan waktu semenit untuk menggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui Alonso yang mengejar bola muntah umpan silang Pedro yang terhalau barisan pertahanan Everton dan melepaskan tendangan yang tak begitu keras namun melewati selangkangan penjaga gawang Maarten Stekelenburg.

Pada menit 34, Chelsea hampir menambah keunggulan jika saja umpan silang Alonso yang disambut tendangan voli Victor Moses tak ditolak oleh mistar gawang.

Pasukan Biru akhirnya memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat Costa, tiga menit jelang turun minum, yang tak terkawal saat menyambut umpan kiriman Nemanja Matic dari sepak pojok.

Unggul tiga gol tak menyurutkan serangan Chelsea yang masih belum puas, sebelum pada menit 56 Hazard membawa timnya kian unggul 4-0 atas Everton setelah menyelesaikan sebuah kerja sama satu dua sentuhan dengan Pedro yang diakhiri tendangan terarah ke area tiang dekat.

Hazard hampir mencapai trigol pada menit 65, namun bola tendangannya dihalau Stekelenburg, beruntung Pedro berada di tempat yang tepat untuk menyambar bola muntah dan memperbesar keunggulan Chelsea menjadi 5-0.

Chelsea setidaknya memperoleh dua peluang lagi pada menit 82 dari David Luiz dan 90 dari Moses, yang kali ini berhasil diselamatkan Stekelenburg.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Chelsea (3-4-3): Thibaut Courtois (PG); Cesar Azpilicueta, David LUiz, Gary Cahill (John Terry); Victor Moses, N'Golo Kante, Nemanja Matic, Marcos Alonso; Pedro Rodriguez (Oscar), Diego Costa, Eden Hazard (Michy Batshuayi)
Pelatih: Antonio Conte

Everton (5-3-2): Maarten Stekelenburg (PG); Seamus Coleman, Ashley Williams, Phil Jagielka, Ramiro Funes Mori, Bryan Oviedo (Kevin Mirallas); Tom Cleverley, Gareth Barry (Tom Davies), Ross Barkley; Romelu Lukaku, Yannick Bolasie (Aaron Lennon)
Pelatih: Ronald Koeman