DPMD gandeng UMKM tampilkan produk unggulan desa di Expo Kapuas

id Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPMD Kapuas, Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kalteng

DPMD gandeng UMKM tampilkan produk unggulan desa di Expo Kapuas

Suasana stand Dinas PMD Kabupaten Kapuas yang tampilkan produk unggulan desa di Expo Kapuas 2024, Kamis (25/4/2024). ANTARA/HO-Dinas PMD Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, gandeng Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) desa tampilkan sejumlah produk unggulan desa di Expo Kapuas 2024.

"Di stan Expo Kapuas, kami menampilkan produk-produk unggulan desa dan juga Teknologi Tepat Guna (TTG)," kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, di Kuala Kapuas, Kamis.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga menggandeng dari beberapa pelaku usaha Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) misalnya, menampilkan kerajinan tangan, makanan ringan, dan sebagainya.

Tidak kalah penting, pihaknya menggaungkan juga aplikasi Srikandi desa. Tujuannya untuk pembinaan aparatur pemerintah desa, dalam upaya peningkatan kapasitas berbasis digitalisasi. Sehingga, desa mampu menjadi desa yang terbuka akan informasi berbasis digital, serta meningkatkan kinerja dan pelayanan perangkat desa.

Kehadiran pihaknya dalam stand Dinas PMD kabupaten setempat, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa dengan menampilkan kerajinan tangan, makanan ringan, dan sebagainya  dapat menjadi suatu nilai tambah yang positif bagi perekonomian.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi mengingatkan sekaligus meminta kepada setiap Organisasi Perangkat Derah (OPD) setempat, agar setidaknya menggandeng dua UMKM sebagai mitra dalam pelaksanaan Expo Kapuas tahun ini.

"Permintaan itu sudah saya minta kemarin, sehingga sehingga nanti UMKM yang digandeng bisa berkembang," kata Erlin Hardi.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat, saat melakukan peninjauan sekaligus mengunjungi satu - persatu stand yang diikuti oleh seluruh Dinas Pemkab Kapuas dalam pelaksanaan Kapuas Expo 2024  bertempat di Lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas.

"Kita harapkan kedepannya tidak hanya cuma dua, tetapi bisa di perluas lagi sehingga nanti setiap even-even yang ada, para OPD ini wajib untuk menggandeng UMKM - UMKM yang ada," tegasnya.

Baca juga: DPMD Kapuas gandeng ULM kembangkan BUMDes

Pj Bupati Kapuas itu pun menyatakan bahwa dirinya telah berkomitmen melalui kegiatan expo Kapuas ini dapat memajukan kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di daerah setempat. Sebab, kegiatan Kapuas Expo 2024 merupakan bagian dari perayaan hari jadi Kota Kuala Kapuas ke – 218 dan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke -73 tahun 2024.

"Tentunya dengan adanya pameran-pameran yang dilaksanakan ini bisa menggambarkan keterlibatan OPD yang ada di kabupaten setempat, dengan para UMKM-UMKM dan ini kita harapkan masyarakat bisa melihat bagaimana perkembangan khususnya yang ada di Expo Kapuas 2024 ini," kata Erlin Hardi.

Sementara dalam kunjungan Pj Bupati, hadir mendampingi Pj Ketua TP PKK Kapuas Agustina Sri Rejeki, sejumlah Kepala OPD terkait, Forkopinda. Dalam kegiatan tersebut, Erlin Hardi, berkesempatan membeli sejumlah produk dagangan UMKM yang ada di stan OPD Kapuas Expo.

Baca juga: Pj Bupati minta OPD gandeng UMKM sebagai mitra di Kapuas Expo

Baca juga: DPMD Kapuas buka pendaftaran lomba desa tingkat kabupaten

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas salurkan bantuan kebakaran di Bataguh