Jangan Malu untuk Periksa Penyakit Kanker

id Pemeriksaan kanker, gumas, Apristini Arton S Dohong, Jangan Malu untuk Periksa Penyakit Kanker, Dinkes Gumas

Ketua TP PKK Kabupaten Gumas, Apristini Arton S Dohong, dan Kepala Dinkeas Gunung Mas saat foto bersama usai kegiatan deteksi dini terhadap penyakit kanker, Kamis (12/10/17). (Foto PKK Kabupateng Gunung Mas)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kaliamantan Tengah bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar kegiatan deteksi dini terhadap penyakit kanker. 

Kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Gumas Apristini Arton S Dohong, dan Kepala Dinkes Gumas Maria Efianti ini dipusatkan di Puskesmas Kurun.

Ketua TP-PKK Gunung Mas Apristini Arton S Dohong di Kuala Kurun, Kamis, menyampaikan bahwa upaya deteksi dini kanker pada perempuan berupa skrining kanker leher rahim dengan metode inspeksi visual dengan asem asetat (IVA) dan kanker payudara dengan memeriksa payudara klinis (SADANIS).

"Prevalensi kanker di Indonesia perlu dicermati dengan tindakan pencegahan dan deteksi dini yang dapat dilakukan di pasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) seperti klinik, puskesmas dan rumah sakit," ungkapnya 

Menurutnya, kasus kanker yang ditemukan pada stadium dini, dan didukung penanganan yang cepat akan memberikan kesembuhan dan harapan hidup yang lebih lama. Berkaitan dengan masalah itu, lanjut dia, pemeriksaan IVA dan SADANIS harus dilakukan secara berkala sebagai salah satu upaya pencegahan kanker. 

"Masyarakat tidak perlu takut melakukan pemeriksaan, sebab hasil yang diperoleh justru dapat menjadi parameter terhadap penanganan selanjutnya," tandasnya. 

Seentara itu, Kepala Dinkes Gumas Maria Efianti mengatakan, dengan dilaksanakannya deteksi dini kanker akan membawa dampak positif untuk masyarakat di Gumas. "Iya, karena lebih baik mengantisipasi terlebih dahulu," ucapnya.


Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar