IAIN Palangka Raya Akan Buka Program Doktor Studi Islam

id IAIN palangka raya, ibnu pelu, studi islam

IAIN Palangka Raya Akan Buka Program Doktor Studi Islam

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Dr Ibnu Elmi AS Pelu. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya pada 2018 akan membuka program doktor dengan fokus kepada studi Islam.

"Saya telah meminta kepada tim untuk mempersiapkan semua yang diperlukan dengan segera. Target kita tahun depan surat izin dari kementerian terkait izin program tersebut telah diterbitkan," kata Rektor IAIN Palangka Raya Dr Ibnu Elmi AS Pelu di Palangka Raya, Rabu.

Pria nomor satu di lingkungan IAIN Palangka Raya itu, mengatakan bahwa Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan skor B terhadap institusi yang dipimpinnya.

Ia mengharapkan dengan akreditasi yang sudah diperoleh, hal itu dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap salah satu perguruan tinggi terbesar di Kalteng tersebut.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan akreditasi sejumlah program studi yang masih terakreditasi B menjadi A.

"Insya Allah target kami tercapai dan IAIN akan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) terbesar di Kalimantan Tengah," kata Rektor Ibnu.

Direktur Pascasarjana IAIN Palangka Raya Dr Jirhanuddin mengatakan saat ini proses persiapan pengajuan izin pembukaan program doktor telah mulai dilaksanakan.

"Persyaratan sudah kita siapkan. Dua sampai tiga hari selesai. Insya Allah paling lambat saya kira Januari tahun depan keluar izinnya," katanya.

Terkait dengan ketersediaan sumber daya manusia untuk program doktor, Jirhanuddin menyebut bahwa IAIN Palangka Raya telah siap.

"SDM-nya cukup. Kita ada empat profesor yakni satu dari Malang, dari Banjarmasin satu, dari Yogyakarta satu dan dari Jakarta satu. Kita juga ada beberapa calon profesor," katanya.