Rektor: Peningkatan IAIN jadi UIN jadi prioritas Presiden Jokowi

id Rektor: Peningkatan IAIN jadi UIN jadi prioritas Presiden Jokowi, kalteng, Palangka raya, presiden jokowi, joko widodo, Jokowi, pendidikan

Rektor: Peningkatan IAIN jadi UIN jadi prioritas Presiden Jokowi

Presiden Jokowi resmikan pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi, 16 sarana dan prasarana pendidikan dengan anggaran Rp84,2 miliar di Kalteng, Kamis (27/6/2024). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Prof Dr Ahmad Dakhoir, SHI, MHI mengatakan, peningkatan status institusi yang dipimpinnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) menjadi prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya tadi sesudah berdialog dengan bapak presiden. Beliau memberikan atensi yang sangat positif dan segera akan dijadikan program utama pada saat beliau pulang ke Jakarta," kata Ahmad Dakhoir di Palangka Raya, Kamis.

Untuk itu, pihaknya pun akan siap memenuhi setiap ketentuan untuk melengkapi peningkatan status IAIN menjadi UIN.

Pernyataan itu diungkapkan, Ahmad Dakhoir usai kunjungan Presiden Jokowi ke IAIN Palangka Raya dalam rangka meresmikan pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi, 16 sarana dan prasarana pendidikan dengan anggaran Rp84,2 miliar di Kalteng.

"Insyaallah gedung bertingkat tiga lantai yang bermanfaat untuk auditorium, bermanfaat untuk pengelolaan pendidikan pascasarjana ini akan sangat bermanfaat bagi IAIN dalam pelaksanaan pendidikan tinggi," katanya.

Dia menerangkan, peresmian 16 sarana dan prasarana pendidikan di Kalteng yang salah satunya Gedung Pascasarjana IAIN ini dilaksanakan selama tiga tahun dari tahun 2020 sampai 2023.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut kondisi harga bahan kebutuhan di Bartim baik-baik saja

Rektor IAIN menambahkan, dukungan pembangunan aset di IAIN Palangka Raya ini sangat diperlukan dalam peningkatan sarana dan prasarana di perguruan tinggi.

"Dukungan akses pendidikan yang modern ini juga akan berdampak pada peningkatan kenyamanan dan keamanan mahasiswa sehingga mereka akan semakin maksimal melaksanakan perkuliahan dan kegiatan lain di lingkungan kampus," kata Ahmad Dakhoir.

Pada proses peresmian 16 sarana dan prasarana pendidikan di Kalteng yang dipusatkan di IAIN Palangka Raya, Presiden Jokowi berharap pembangunan, rehabilitasi, dan renovasi yang dilakukan bermanfaat dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

"Pembangunan, rehabilitasi, renovasi di IAIN kemudian di beberapa SD, SMP, dan madrasah-madrasah, ini dilakukan agar sarana dan prasarana yang ada bisa lebih bermanfaat bagi mahasiswa, bagi anak-anak sekolah kita," kata Jokowi.

Pada peresmian itu, ratusan mahasiswa IAIN Palangka Raya nampak antusias mengikuti kegiatan Joko Widodo. Beberapa diantaranya berkesempatan untuk berswafoto bersama dan mendapatkan kaos dari presiden.

Baca juga: Presiden segera kirim alat medis modern ke RSUD Mas Amsyar Kasongan

Baca juga: Presiden pastikan beras bantuan untuk warga Palangka Raya dalam kondisi baik

Baca juga: Presiden Jokowi sebut harga bahan pangan di Sampit bagus