Waduh! Anggota DPR Ini Temukan Banyak Sekolah Perlu Perbaikan

id DPR RI, Asdi Narang, sekolah rusak

Waduh! Anggota DPR Ini Temukan Banyak Sekolah Perlu Perbaikan

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Asdy Narang didampingi pihak Disdik Kapuas dan tenaga pendidik, saat meninjau SDN 1 Timpah, saat reses ke daerah tersebut, Selasa (31/10). (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi X DPR RI Asdi Narang menemukan banyak gedung sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dalam kondisi memprihatinkan dan perlu segera dilakukan perbaikan.

"Temuan itu saat melakukan reses ke TK Sei Gawing Kecamatan Mantangai, SMP 3 Mantangai Satu Atap, TK Tunas Kelapa di Timpah, SDN 1 Timpah, SMP 1 Timpah, SMA 1 Timpah dan SDN Lawang Kajang," kata Asdi di Palangka Raya, Rabu.

Dikatakan, dari sejumlah sekolah yang dikunjungi tersebut, ternyata hampir semua sekolah mempunyai keterbatasan fasilitas. Bahkan, ada gedung sekolah yang sudah puluhan tahun diusulkan agar dilakukan perbaikan, namun tidak kunjung direspons pemerintah.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah ini pun mengaku sangat prihatin dengan temuan tersebut. Sebab, menurut dirinya, gedung sekolah salah satu unsur terpenting dalam memberikan kenyamanan kepada peserta didik saat mengikuti proses belajar mengajar.

"Kita sudah melihat langsung gedung sekolah PAUD, SD, SMP inikan sebenarnya kewenangan kabupaten/kota. Sangat disayangkan sekali kita melihat PAUD tadi, ada rumah guru dipakai untuk sekolah PAUD, padahal didalam pendidikan ini harus dari dasar yaitu PAUD," katanya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia ini mengatakan, selain gedung sekolah PAUD, ada juga SD yang sangat memprihatinkan. Di mana dinding dan atap kelas belajar mengajar sudah mulai ambruk, serta lantai berbahan kayu sudah mulai keropos sehingga tidak nyaman lagi untuk dipergunakan.

Dia pun mengharapkan Pemerintah Kabupaten Kapuas serta lainnya, agar lebih memperhatikan kondisi gedung sekolah dan bertindak cepat memperbaiki apabila ditemukan yang sudah dalam kondisi rusak.

"Pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng harus jeli dan peka terkait gedung sekolah ini. Sangat memprihatinkan lagi, tidak ada dari Anggota DPRD setempat dan Pemda yang mau langsung melihat ke sekolah-sekolah tersebut, ini yang sangat disayangkan sekali," kata Asdi.

Anggota Komisi X DPR RI ini pun mengingatkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, khususnya Kabupaten Kapuas, agar lebih memperhatikan kondisi bangunan sekolah.

"Saya berharap, kedepan kita tidak lagi menemukan kondisi gedung sekolah yang sudah sangat rusak tapi terpaksa digunakan dan Pemerintah terkesan membiarkan," demikian Asdi.