Astra Agro Lestari Tanam Ribuan Pohon Endemik Kalimantan

id Astra Agro Lestari, penanaman pohon, kotawaringin barat, Pohon Endemik Kalimantan

Astra Agro Lestari Tanam Ribuan Pohon Endemik Kalimantan

Manajemen GSPP saat melakukan Gerakan Menanam Seribu Pohon Bersama Astra Agro Lestari Disdibud Kobar, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kepala Desa Kebun Agung dan Kepala Sekolah SD-SMP binaan Astra Agro Lestari. (Foto PT GSPP)

Pangkalan Bun (Antara Kalteng) - Sedikitnya 200 partisipan yang terdiri dari siswa-siswi sekolah SD dan SMP serta masyarakat, melakukan 'Gerakan Menanam Seribu Pohon Bersama Astra Agro Lestari' yang berlokasi di SD-SMPN 1 Satu Atap Pangkalan Banteng, Desa Kebun Agun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Penanaman tanaman endemik khas Kalimantan itu sengaja dipilih untuk mendukung program penghijauan dan melestarikan tanaman khas Kalimantan yang semakin sulit ditemukan.

"Kami sengaja menanam tanaman endemik Kalimantan yang memang jumlahnya sudah semakin berkurang. Lebih dari itu, kami ingin mengajarkan kepada anak-anak untuk mencintai dan menjaga lingkungan," kata Administratur PT Gunung Sejahtera Puti Pesona (GSPP), Gunawan saat press release, Rabu.

Selain dihadiri oleh Manajemen GSPP, salah satu anak perusahaan Astra Agro Lestari, kegiatan tersebut juga dihadiri secara langsung oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kotawaringin Barat, pihak Kecamatan Pangkalan Banteng, Kepala Desa Kebun Agung dan Kepala Sekolah SD-SMP binaan Astra Agro Lestari.

Menurut Gunawan, kegiatan yang mengambil tema Gerakan Menanam Seribu Pohon Bersama Astra Agro tersebut rencananya akan dilakukan dalam dua tahap. 

"Hari ini merupakan penanaman tahap pertama, yang akan dilanjutkan pada Januari tahun depan dengan menanam sekitar 500-an lagi pohon. Sehingga total pohon yang akan ditanam sekitar 1000-an pohon" ungkapnya.


Jumlah pohon yang ditanam pada tahap awal tersebut mencapai 600-an lebih pohon endemik Kalimantan. Adapula tanaman-tanaman non endemik seperti Matoa, Mangga, Cempedak, dan lain-lain. 

"Ada beberapa pohon endemik khas Kalimantan yang berhasil kami dapatkan seperti pulai, blangeran, gaharu, trembesi, jinjit, damar dan nyatoh," kata Community Development Officer GSPP, Adelina.

Ia berpendapat, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai platform untuk mengajak generasi muda agar semakin mencintai lingkungan hidup. Bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menghijaukan kembali bumi Kalimantan salah satunya dengan tanaman endemik yang menjadi ciri khasnya. 

"Supaya nanti anak cucu kita masih bisa melihat pohon Meranti," pungkasnya.

Gerakan menanam seribu pohon merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Astra Agro Lestari Tbk di bidang lingkungan. 

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit, Astra Agro senantiasa berkomitmen untuk menjalankan nilai-nilai yang berwawasan lingkungan hidup.