Tiga desa di Sukamara sudah dialiri listrik

id Sukamara,listrik masuk desa,Bupati Sukamara Ahmad Dirman,Tiga Desa di Sukamara sudah dialiri listrik

Tiga desa di Sukamara sudah dialiri listrik

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman, Ketua DPRD Edi Alrusnadi dan Forkopinda Sukamara serta Manager PLN Area Palangka Raya, saat menyaksikan penandatangan MoU antara Kepala Desa dan pihak PT PLN Rayon Sukamara.

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Tiga Desa di Kecamatan Permata Kecubung Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah akhirnya dapat merasakan jaringan listrik masuk desa, yang mana sudah didamba-dambakan masyarakat yang ada di daerah itu.

"Hari ini kembali kita resmikan pengoperasian listrik masuk desa di Kecamatan Permata Kecubung, yaitu Desa Semantun, Sembikuan dan Nibung Terjun dan ini sudah menjadi dambaan masyarakat kita dan pemerintah telah mewujudkannya," kata Bupati Sukamara H Ahmad Dirman usai persmian di Desa Sembikuan, Rabu.

Menurutnya, pemenuhan penerangan bagi masyarakat merupakan kebutuhan yang sangat utama. Tidak bisa kita pungkiri dengan adanya penerangan listrik segala pekerjaan menjadi terbantukan.

Dan berdasarkan data dari PT PLN Rayon Sukamara, jumlah pelanggan yang menggunakan jasa listrik PLN sebanyak 11.339 pelanggan se Kabupaten Sukamara.

"Kita syukuri bahwa perhatian pihak PT PLN kepada Kabupaten Sukamara begitu besar, pembangunan jaringan listrik tidak hanya di kota tetapi pembangunan jaringan juga masuk ke desa-desa. hal ini sangat membantu program nasional yakni penanggulangan kemiskian," ucap Dirman.

Dikatakannya, saat ini masih ada beberapa desa yang belum dialiri jaringan listrik, namun, beberapa desa tersebut sudah dilakukan survei oleh pihak PLN dan diharapkan dalam waktu dekat beberapa desa tersebut dapat terpasang jaringan listrik juga.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sembikuan, Yoyo Hariyanto mengatakan untuk mewujudkan agar jaringan listrik di tiga desa dan warga sangat mendukung program pembangunan termasuk program pembangunan jaringan listrik masuk desa serta merelakan dan mengikhlaskan lahan pekarangan dan lahan perkebunan untuk pembangunan jaringan listrik tanpa ganti rugi.

Dan  untuk jumlah jaringan listrik yang ada di tiga desa sebanyak 583 jaringan dengan rincian untuk desa Desa Sembikuan sebanyak 273 jaringan, Desa Semantun sebanyak 178 jaringan dan desa Nibung Terjun sebanyak 132 jaringan.

Selain itu, yang sudah dilakukan survei oleh pihak PLN di Kecamatan Balai Riam meliputi Desa Jihing, Air Dua dan Pempaning. Sedangkan untuk Kecamatan Sukamara adalah Desa petarikan dan Dusun Sarang, untuk Kecamatan Pantai Lunci seperti Desa Tabuk, dan Kecamatan jelai Desa Sei Damar, Sei Raja, Sei Bundung dan Sei Baru