Bupati Sukamara resmikan desa pintar

id Sukamara,desa pintar,Bupati Sukamara resmikan desa pintar

Bupati sukamara H Ahmad Dirman saat meninjau pasar Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng ) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman, Kalteng mengatakan pandangan bahwa kota lebih maju, lebih canggih, atau lebih sejahtera perlu dibalik dengan langkah-langkah inovatif, salah satunya adalah menciptakan sentra perekonomian desa melalui desa pintar (smart village).

"Pasar desa memiliki peranan penting sebagai salah satu pendorong pendukung pembangunan masyarakat desa.  Hal ini dapat kita amati bahwa fungsi dan keberadaan pasar yang seiring perkembangan zaman tidak hanya difungsikan sebagai nilai ekonomis saja tetapi lebih dari itu untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan," kata Dirman usai meresmikan pasar dan desa pintar di Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam, Senin.

Menurutnya, pembangunan pasar desa atau pasar tradisional ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah desa melalui Alokasi Pendapatan dan Belanja Desa  untuk memberdayakan usaha ekonomi skala mikro, kecil dan menengah.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan pendapatan para pedagang, memberikan sarana usaha yang layak bagi pedagang tradisional desa, meningkatkan sarana dan prasarana serta akses pemasaran produk lokal serta sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus memberdayakan masyarakat desa.

Dirman menambahkan, desa pintar pada dasarnya merupakan kampung mandiri yang memiliki karakter dan potensi kearifan lokal, yang bisa dikembangkan untuk mencipta ataupun meningkatkan produktifitas melalui pemberdayaan masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

"Predikat kepada desa Jihing sebagai ‘kampung pintar’ bisa menjadi teladan yang dapat dicontoh oleh desa-desa lain yang ada  di Kabupaten Sukamara dan desa perlu dikembangkan secara inovatif menuju desa pintar dengan program terencana serta keterlibatan lintas sektor sebagai kerja bersama untuk mewujudkan desa pintar ini," ungkap Dirman.
 
Membangun kampung pintar tidak semata-mata terbatas pada kecanggihan informasi komunikasi dan teknologi saja, tetapi yang lebih utama dan perlu ditekankan adalah bagaimana konsep kampung pintar  ini bisa mengubah kapasitas masyarakatnya dan cara mereka berinteraksi.     

"Mudah-mudahan dengan  diresmikan dan ditetapkannya pasar desa dan kampung pintar  Desa Jihing akan menjadi perpaduan dua komponen yang saling melengkapi untuk menjadi pintu gerbang perubahan di desa," harap Dirman.
 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar