Sakit perut setelah minum kopi? ini alasannya

id Sakit perut,kopi,asam lambung

Sakit perut setelah minum kopi? ini alasannya

Ilustrasi (Pixabay)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Bagi banyak orang, secangkir kopi adalah minuman penyelamat saat kantuk datang menghantui. Beberapa orang bahkan tidak bisa memulai harinya tanpa lebih dulu menyeruput kopi hitam hangat sebelum berangkat beraktivitas. Meski begitu, tak jarang ada yang mengeluhkan mereka suka sakit perut setelah minum kopi. Kenapa ya?

Sakit perut setelah minum kopi, mungkin karena…
1. Minum kopi saat perut kosong
Sebuah artikel terbitan jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition tahun 2006 melaporkan bahwa kopi bisa merangsang produksi asam lambung akibat kandungan asam klorogenatnya. Asam lambung (asam klorida) adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan terus menggenang dalam jumlah banyak tanpa ada makanan apapun untuk dihancurkannya dapat mengikis lapisan dinding lambung. Ini dapat menyebabkan perut mulas dan berakhir pada gastritis (maag).

Gastritis karena minum kopi saat perut kosong sering menyebabkan sakit perut, cegukan, hingga mual dan muntah.

2. Minum kopi pakai susu
Bagi orang-orang yang tidak kuat dengan pahitnya kopi hitam, mereka sering menambahkannya dengan susu atau krimer. Susu bisa membuat Anda rentan sakit perut setelah minum kopi, terutama apabila Anda memiliki intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna dan menyerap laktosa yang ada di dalam susu. Gejalanya bisa termasuk sakit perut, mulas, perut kembung, dan diare.

Jika demikian, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter. Dokter dapat menyarankan Anda untuk mengganti produk susu yang biasa Anda gunakan dengan susu berbasis nabati seperti susu kedelai atau alternatif lainnya untuk mencegah kambuhnya intoleransi laktosa.

3. Kopi bikin kerja usus jadi cepat
Kafein serta zat-zat kimia lainnya dalam kopi bersifat sebagai stimulan yang bisa merangsang kerja usus jadi lebih cepat. Ini adalah reaksi normal dan lumrah terjadi, tapi pada beberapa orang yang sensitif, pergerakan usus yang lebih cepat bisa membuat perut mulas atau kram. Terlebih apabila orang tersebut rentan terhadap masalah pencernaan seperti maag atau refluks asam lambung.

Tips biar tidak sakit perut saat minum kopi
Solusi terbaiknya adalah dengan tidak minum kopi saat perut kosong, apalagi jika Anda adalah tipe orang yang rentan kena maag atau asam lambung naik. Baiknya, minum kopi setelah perut sedikit terisi makanan ringan.

Jika Anda masih saja sakit perut setelah minum kopi, atau bahkan tambah parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk cari tahu penyebab dan cara mengobatinya yang tepat. Sementara itu, coba juga dengan mulai mengurangi porsi minum kopi Anda setiap hari sedikit demi sedikit.
Â