Usir gerah dan keringat dengan minuman hangat

id Gerah,keringatan,minuman hangat

Ilustrasi - (http://blog.act.id)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Minuman dingin memang paling enak dinikmati saat cuaca sedang terik-teriknya. Namun, tahukah Anda sebenarnya cara ini kurang tepat untuk mendinginkan tubuh kalau sedang kepanasan? Anda justru harus minum yang hangat-hangat untuk mengusir gerah.

Sebuah penelitian tahun 2012 dari University of Ottawa School of Human Kinetic menyatakan bahwa minum minuman hangat justru bisa mendinginkan Anda yang sedang kegerahan. Pasalnya, suhu hangat dari minuman tersebut akan memicu tubuh untuk mengeluarkan banyak keringat.

Ketika lidah terbasahi dengan minuman hangat, reseptor saraf lidah akan mengirimkan sinyal “panas” yang dibaca otak sebagai bahaya. Otak kemudian akan berusaha melindungi Anda dari peningkatan suhu tubuh berlebihan dengan memproduksi keringat. Berkeringat
 merupakan cara alami tubuh untuk mendinginkan suhunya.

Cara mendinginkan tubuh ini akan lebih manjur lagi jika Anda minum minuman hangat di tempat yang terbuka. Jika Anda sedang merasa gerah dan minum segelas air hangat di ruangan tertutup, tubuh justru akan menarik kembali keringat Anda. Akibatnya, suhu inti tubuh justru akan semakin meningkat yang membuat Anda merasa semakin gerah dan kepanasan.


Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar