Tingkatkan mutu pendidikan di Gumas, ini yang dilakukan Dikbud

id dprd gumas,rayaniatie,dikbud gumas

Tingkatkan mutu pendidikan di Gumas, ini yang dilakukan Dikbud

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gunung Mas (Gumas), Kalteng, HM Rusdi. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Gumas terus melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten berjuluk Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, salah satunya dengan melaksanakan pelatihan kepada tenaga pendidik dengan menggandeng perusahaan setempat.

"Artinya, mereka (perusahaan) membantu dalam hal pendanaan pelatihan. Hingga saat ini, orientasi kami pada peningkatan mutu pendidikan," ucap Kepala Dinas Dikbud Gumas, HM Rusdi di Kuala Kurun, Selasa (31/7/18).

Ia mengatakan, pihaknya mencoba mengintegrasikan program-program Dinas Dikbud dengan menggandeng pihak perusahaan, khususnya dalam hal meningkatkan kualitas guru bidang studi yang mata pelajarannya merupakan materi ujian nasional. 

"Contohnya yang baru lalu, digelar pelatihan untuk guru bidang studi matematika," katanya.

Dampak dari pelatihan atau sejenisnya itu, lanjut dia, sejauh ini ternyata dapat membuka cara berfikir dan wawasan serta pengetahuan dari tenaga pendidik yang mengikutinya. "Artinya. Program ini berguna dan bermanfaat," ujarnya.

Ia mengharapkan, seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Gumas dapat turut membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Gumas.

"Karena, pendidikan adalah salah satu prioritas dari pemerintah pusat maupun daerah. Jadi, perlu dukungan dari semua pihak," tandasnya.

Anggota DPRD Gumas, Rayaniatie Djangkan mengapresiasi langkah dari Dinas Dikbud Gumas dalam meningkatkan mutu pendidikan. 

Ia juga mengharapkan, perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Gumas dapat turut serta membantu. 

"Karena, kemajuan dunia pendidikan di wilayah kita juga merupakan tanggung jawab kita bersama," ucap Rayaniatie yang juga merupakan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Gumas.