Cara ampuh obati cantengan

id cantengan,kuku,obat,bengkak,sakit

Iluatrasi kuku (Foto: Istimewa)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Cantengan adalah kondisi yang terjadi saat kuku tumbuh ke dalam hingga menusuk kulit di sekitarnya. Biasanya, cantengan terjadi pada jempol kaki dan menyebabkan rasa sakit, kemerahan, serta bengkak. Anda perlu melakukan berbagai pengobatan baik dari dokter maupun perawatan rumahan demi mempercepat penyembuhan. Berikut ini berbagai cara mengatasi cantengan yang bisa Anda coba.

Ada berbagai cara, baik menggunakan obat dokter maupun perawatan rumahan, yang bisa membantu mengatasi cantengan. Yang sudah terbukti membantu mengatasi cantengan yaitu:

1. Mengoleskan salep atau krim antibiotik

Mengoleskan salep atau krim antibiotik yang dijual bebas di pasaran dapat mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Gunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan. Neosporin, Polysporin, dan Bactroban adalah berbagai jenis salep yang bisa digunakan untuk mengatasi cantengan.

2. Minum obat pereda nyeri

Cara mengatasi cantengan yang kedua ialah dengan mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas seperti acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen. Mengonsumsi obat pereda nyeri membantu meredakan sakit yang mengganggu dan juga membantu mengurangi pembengkakan.

3. Merendam kaki dengan air garam

Selain menggunakan obat dan salep, Anda bisa mencoba cara alami untuk meredakan rasa sakit dan juga bengkak akibat cantengan. Caranya dengan merendam kaki di larutan air garam hangat selama kurang lebih 15 menit setiap hari, sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

4. Membalut dengan perban

Usahakan untuk menutup jari kaki yang cantengan dengan perban. Hal ini dilakukan agar kuku tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang mungkin masuk dan menginfeksi. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar kuku kaki mendapatkan bantalan ekstra dan tidak lecet jika terkena sepatu atau sendal yang permukaannya keras.

5. Menggunakan alas kaki yang nyaman

Usahakan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak menambah rasa sakit pada kuku yang sedang cantengan. Gunakan alas kaki dengan bantalan yang empuk terutama di sisi dekat jempol yang sedang cantengan. Hindari sepatu yang menekan jempol seperti sepatu hak tinggi dan jenis lainnya yang serupa.

Saat sedang cantengan, sebaiknya gunakan sandal agar kuku tidak semakin tertekan sepatu.

Jika rasa sakit tidak kunjung hilang dan kondisinya justru semakin parah dari hari ke hari segera kunjungi dokter. Cantengan yang sudah terinfeksi perlu ditangani oleh dokter podiatri atau ahli penyakit kaki.

sumber: hellosehat.com
 

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar