Barsel Expo jadi ajang unjuk capaian pembangunan

id Barsel Expo dijadikan ajang unjuk capaian pembangunan,Barito Selatan,Eddy Raya Syamsuri,Buntok

Barsel Expo jadi ajang unjuk capaian pembangunan

Ketua TP PKK Barito Selatan, Permana Sari (tengah) didampingi Bupati, dan Wakil Bupati menggunting tali sebagai tanda dibukanya kegiatan Pameran Barsel Expo 2018.( Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri mengatakan pihaknya akan menjadikan kegiatan pameran "Barsel Expo" sebagai wahana untuk mengukur pencapaian program pembangunan.

"Melalui kegiatan ini akan didapat berbagai informasi, dan gambaran pencapaian pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini," katanya saat membuka pameran Barsel Expo di Stadion Sababilah, Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Jumat.

Karena, lanjut dia, dalam kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Barito Selatan ke 59 ini, perangkat daerah akan memperlihatkan pencapaian pembangunan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan.

"Seperti pencapaian program pembangunan infrastruktur, sarana, dan prasarana, serta program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, maupun program dalam bidang ekonomi berbasis lokal, serta lingkungan hidup," kata bupati menjelaskan.

Termasuk juga gambaran program peningkatan kehidupan beragama, sosial, dan budaya, serta tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain dapat memberikan gambaran, dan informasi pencapaian hasil pembangunan, melalui kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan.

Oleh karena itu, bupati meminta kepada seluruh stand perangkat daerah pada Barsel Expo ini dapat menyediakan kotak saran bagi para pengunjung selain kotak angket.

"Hal tersebut agar para pengunjung dapat memberikan masukan atau pendapat yang bersifat membangun supaya pembangunan bisa berjalan lebih optimal, dan merata," ujar Eddy Raya Samsuri.

Sementara Sekda Barito Selatan, Edi Kristianto pada kesempatan itu mengatakan pelaksanaan Barsel Expo ini dilaksanakan dari 14-21 September 2018.

"Kegiatan ini disamping sebagai sarana promosi, juga dijadikan sarana hiburan bagi masyarakat Barito Selatan, dan sekitarnya," kata Edi Kristianto yang juga ketua panitia Barsel Expo itu.

Karena dalam kegiatan ini, lanjut dia, dirangkaikan dengan berbagai kegiatan seperti festival seni, dan budaya, pemilihan putra, dan putri pariwisata, kegiatan panutan pajak, dan retribusi daerah, perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E), serta malam hiburan rakyat.

Sedangkan untuk jumlah stand pada pameran Barsel Expo 2018 ini sebanyak 82 stand yang terdiri dari 23 stand perangkat daerah, 3 stand kantor Kecamatan, kemudian dari Bank Pembangunan Kalteng (BPK), BRI, PDAM, Dewan Adat Dayak.

"Sebanyak 25 Usaha Kecil Menengah (UKM), 25 Pedagang Kreatif Lapangan (PKL)," kata Sekda Barito Selatan itu.