Kenali 4 gejala awal sakit ginjal

id ginjal,gagal ginjal,sakit,nyeri,pinggang

Kenali 4 gejala awal sakit ginjal

Ilustrasi ginjal. (Wikimedia Commons)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Penyakit ginjal terjadi ketika ginjal sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal, peran ginjal dalam tubuh sangatlah penting. Mulai dari membersihkan darah dari zat-zat sisa, membantu mengatur tekanan darah, memproduksi vitamin D, hingga menjaga keseimbangan garam dan mineral pada darah.

Maka, jangan sepelekan bila muncul berbagai gejala awal sakit ginjal berikut ini:

1. Nyeri pinggang belakang
Ginjal terletak di bagian belakang perut, tepatnya di sisi tulang belakang bagian bawah punggung Anda. Itu sebabnya, gejala sakit ginjal yang paling kentara adalah rasa nyeri pinggang belakang.

Gejala ini timbul karena ginjal membengkak sehingga menekan punggung, yang akhirnya menimbulkan rasa sakit.

2. Kebiasaan buang air kecil berubah
Tugas utama ginjal adalah memproduksi urin. Maka, ketika muncul masalah pada ginjal tentu akan berimbas pada kebiasaan buang air kecil Anda. Entah itu frekuensi buang air kecil jadi lebih sering, jadi terasa sakit saat buang air kecil, maupun warna urin yang berubah cenderung keruh dan tidak jernih seperti biasanya.

3. Darah dalam urin
Jangan sepelekan bila ada darah dalam urin Anda.

Kerusakan ginjal akan memicu keluarnya protein melalui urin bersama dengan sel darah merah. Akibatnya, Anda akan melihat hasil akhir berupa darah pada urin. Dalam beberapa kasus, urin juga bisa mengandung nanah akibat adanya masalah pada kandung kemih Anda.

4. Mudah lelah dan sulit berkonsentrasi
Mudah lelah dan sulit konsentrasi adalah dua gejala awal sakit ginjal yang sering disepelekan, karena sering disalahpahami sebagai efek stres atau kecapekan biasa.

Padahal nyatanya, penurunan fungsi ginjal bisa mengakibatkan racun dan kotoran menumpuk dalam darah. Timbunan racun ini nantinya dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan susah berpikir jernih.


sumber:hellosehat.com