Intip kecanggihan kamera Samsung Galaxy A7 dan A9

id samsung Galaxy A7,a9,kamera canggih

Intip kecanggihan kamera Samsung Galaxy A7 dan A9

Samsung Galaxy A9 (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Samsung baru saja meluncurkan dua ponsel terbaru di seri A, menawarkan kecanggihan fitur kamera yang belum pernah mereka pasang di ponsel-ponsel sebelumnya.

Galaxy A7 memakai susunan tiga kamera di bagian belakang, sementara A9 menggunakan empat kamera belakang sekaligus, dengan konfiguras lensa yang berbeda-beda.

Galaxy A7
Samsung membekali tiga kamera belakang untuk ponsel ini, masing-masing untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna untuk mengambil gambar dengan lensa reguler, lensa lebar dan lensa kedalaman untuk efek bokeh.

Ponsel berlayar 6 inci memiliki sensor 24MP untuk kamera utama, dengan bukaan f/1.7 dan sudah dilengkapi auto fokus PDAF. Hasil foto dengan kamera utama ini jernih, begitu pula setelah diperbesar, tidak banyak titik-titik noise di foto tersebut.
 
Hasil foto dengan kamera utama Samsung Galaxy A7 sebesar 24MP. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


Ketika digunakan untuk mengambil gambar di malam hari, hasil foto terbilang jernih, terlebih jika bisa menggunakan modus Pro di kamera belakang.
Hasil foto dengan kamera utama Samsung Galaxy A7 sebesar 24MP. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


Lensa ultra wide angle 120 derajat sebesar 8MP menghasilkan jangkauan pandangan yang lebih luas jika dibandingkan lensa biasa 70 derajat.

Jarak pandang yang lebih luas akan berdampak pada lebih banyak subjek yang dapat masuk ke dalam frame seperti dalam gambar berikut.

 
Hasil foto dengan kamera Samsung Galaxy A7 24MP. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)
 
Hasil foto dengan kamera ultra wide angle 120 derajat Samsung Galaxy A7 8MP. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


Lensa terakhir, depth, dengan sensor 5MP digunakan untuk mengambil gambar dengan modus Live Focus, untuuk menghasilkan efek kabur atau yang disebut bokeh.

Fitur bokeh ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya ada di ponsel Samsung Galaxy lain, menawarkan keunggulan efek kabur dapat disunting setelah foto jadi.

 
Hasil foto dengan kamera depth Samsung Galaxy A7 5MP, menghasilkan efek bokeh yang dapat disunting setelah selesai memotret. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


Galaxy A9

Susunan kamera di Samsung Galaxy A9 tidak jauh berbeda dengan A7, hanya saja ponsel ini memiliki kamera keempat berupa telephoto untuk memotret jarak jauh.

Lensa ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil objek gambar yang jauh karena memiliki kemampuan optical zoom 2X. Berikut ini perbedaan foto yang diambil dengan lensa 24MP, lensa telephoto 10MP.
 
Hasil foto dengan kamera utama Samsung Galaxy A9 24MP. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


 
Hasil foto dengan kamera telephoto Samsung Galaxy A9 10MP. (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)


Salah satu kendala memotret dengan lensa tele berkaitan dengan kestabilan saat memegang ponsel, kamera menjadi sensitif terhadap gerakan sehingga foto yang dihasilkan tidak fokus meski pun tangan hanya sedikit bergeser.

Samsung Galaxy A9 yang digunakan ini merupakan produk prototipe sehingga ada kemungkinan hasil foto akan berbeda dengan yang nanti dijual di pasaran.