Apa saja yang jadi penyebab bibir sumbing?

id bibir sumbing,bayi,penyebab,Apa saja yang jadi penyebab bibir sumbing?

Apa saja yang jadi penyebab bibir sumbing?

Ilustrasi-Penderita bibir sumbing. (FOTO ANTARA/Izaac Mulyawan) (Istimewa)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Bibir sumbing adalah kelainan bentuk bibir yang bisa terjadi pada satu atau kedua sisi mulut. Masalah ini berawal sejak bayi masih berada di dalam kandungan. Bibir sumbing terjadi ketika jaringan pembentuk bibir dan langit-langit mulut gagal menyatu sempurna. Idealnya, kedua jaringan pembentuk ini seharusnya akan menyatu pada bulan kedua dan ketiga kehamilan.

Ketika jaringan bibir dan langit-langit mulut tidak bisa menyatu, akhirnya terbentuklah celah pada bibir, bagian pangkal hidung, tulang rahang atas, serta gusi.

Faktor genetik kemungkinan memainkan peran besar sebagai penyebab bibir sumbing. Ya, orangtua atau saudara kandung bisa saja mewariskan gen pemicu timbulnya bibir sumbing.

Konsumsi obat selama masa kehamilan ibu juga turut memengaruhi kondisi bayi saat lahir. Dilansir dari Web MD, ada beberapa obat yang disinyalir dapat berisiko menimbulkan celah di bagian bibir, seperti obat antikejang, obat jerawat yang mengandung Accutane, serta obat yang dipakai untuk mengobati kanker, psoriasis, dan radang sendi.

Selain itu, faktor dari lingkungan sekitar juga punya andil cukup kuat sebagai penyebab bibir sumbing. Misalnya ibu hamil yang sering terpapar virus dan bahan kimia. Kebiasaan minum alkohol, konsumsi obat-obatan terlarang, hingga kekurangan nutrisi tertentu selama kehamilan, contohnya asam folat, turut memengaruhi kondisi bayi nantinya.

sumber:hellosehat.com