Nicki Minaj digugat terkait pelanggaran hak cipta

id nicki minaj,Tracy Chapman ,Nicki Minaj digugat terkait pelanggaran hak cipta,Baby Can I Hold You

Nicki Minaj digugat terkait pelanggaran hak cipta

Nicki Minaj (Complex)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Penyanyi Dan penulis lagu Tracy Chapman menggugat Nicki Minaj dengan tuduhan pelanggaran hak cipta terkait lagu ciptaannya.

Pengacara Chapman memberi tahu Billboard bahwa Minaj menggunakan lirik dan melodi lagu Chapman tahun 1988 berjudul "Baby Can I Hold You" pada lagu "Sorry" yang semula ada di album "Queen" Nicki Minaj.

Pengacara Chapman, Lee Phillips, sebagaimana dilaporkan CBS dikutip Rabu, mengatakan bahwa tim Minaj beberapa kali meminta lisensi untuk lagu itu,  tetapi Chapman menolak permintaan tersebut.

Phillips mengatakan,"Tracy Chapman sangat melindungi haknya dan dia memiliki hak untuk menolak lisensi ketika diminta."

Dia bahkan mengatakan bahwa sejauh yang dia tahu, Chapman tidak pernah memberikan izin Nicki untuk menggunakan musiknya. Dalam lagu "Sorry", Nicki  menggunakan lirik lagu sampul "Baby Can I Hold You," kata Phillips.

Meskipun "Sorry" akhirnya tidak ada di album "Queen", trek itu secara tidak sengaja bocor dan beredar di internet.

Gugatan itu, yang menyebutkan Minaj dan 10 terdakwa lainnya, menyatakan bahwa pada 11 Agustus, DJ Funkmaster Flex dari New York mengatakan Minaj memberinya trek sebelum dia memainkannya di Hot 97.

Gugatan itu mengatakan bahwa Minaj "mengabaikan dan sengaja melanggar hak Chapman di bawah Undang-Undang Hak Cipta" setelah tim Chapman tidak akan memberikan Minaj persetujuan untuk menggunakan lagu itu.

Pada 11 Agustus, hari Flex memainkan lagu di Hot 97, Minaj men-tweet yang sekarang dihapus, "Sis mengatakan tidak," yang mungkin merujuk pada penolakan Chapman untuk membiarkan Minaj mengambil sampel pekerjaannya. 

Gugatan itu menyebutkan bahwa meskipun "Sorry" tidak menggunakan rekaman asli Chapman, tapi (memasukkan) lirik dan melodi vokal dari komposisi, bagian yang paling mudah dikenali dan berkesan.