Nicki Minaj luncurkan album 'Pink Friday 2' pada hari ulang tahunnya

id Nicki Minaj,Pink Friday 2,album pink

Nicki Minaj luncurkan album 'Pink Friday 2' pada hari ulang tahunnya

Tangkapan layar album terbaru dari rapper Nicki Minaj, Pink Friday 2, yang dirilis pada Jumat (8/12/2023). Pink Friday 2 adalah album studio pertama Nicki Minaj setelah album Queen yang dirilis pada 2018. (ANTARA/HO-Nicki Minaj Official Website)

Jakarta (ANTARA) - Nicki Minaj akhirnya merilis "Pink Friday 2" bertepatan dengan hari ulang tahunnya, Jumat, 8 Desember, menjawab pertanyaan penggemar tentang kelanjutan album "Pink Friday" (2010).

Dikutip dari Rolling Stone, Jumat, kurang dari sejam sebelum rilis album tersebut, Nicki Minaj memperlihatkan daftar lagu dalam album tersebut. Terdapat 22 lagu baru pada album itu, Nicki Minajjuga berkolaborasi bersama penyanyi-penyanyi lain, antara lain Drake, Lil Wayne, Lil Uzi Vert, dan Future.
Baca juga: Ini alasan Pink tunda konser di Tacoma AS

"Tanggal baru album dari karya menakjubkan ini, yang saya banggakan, adalah di hari yang spesial bagi saya dan Barbz (sebutan untuk penggemar Nicki Minaj) itu akan keluar pada hari ulang tahun saya," kata Nicki Minaj pada akhir Oktober.

Dia menjelaskan bahwa dia sempat menunda perilisan album itu hingga dua kali. Pada awalnya, album Nicki Minaj tersebut akan dirilis pada 20 Oktober, kemudian ditunda jadi 17 November.

Nicki Minaj lalu mengubah tanggal rilis "Pink Friday 2" menjadi 8 Desember.

Baca juga: Pink bersama putrinya tampil di panggung BMA 2021

"Saat kita bersiap-siap untuk mendarat, mohon pastikan meja baki Anda ditutup dan sabuk pengaman Anda dikencangkan. Kapten sudah menyalakan tanda 'tidak ada toilet'. Jika Anda melihat ke luar jendela, Anda akan melihat keindahan itu... Air yang jernih, lumba-lumba pink... #GagCity #PF2" begitu bunyi cuitan Nicki di X saat mengumumkan rilis album itu.

Pada momen sebelum peluncuran album, Barbz menciptakan dunia bernama Gag City dengan bantuan kecerdasan buatan. Gag City digambarkan sebagai kota metropolitan yang sangat pink dan futuristik, yang terinspirasi dari sampul album tersebut, di mana Nicki berdiri di sebuah platform yang melayang di atas awan ala album "Teenage Dream" milik Katy Perry, di depan sebuah kota imajiner.
Baca juga: Pink mengaku gejalanya berubah-ubah saat terinfeksi corona

"Saya cuma mau membuat musik yang hebat. Hanya demi membuat musik yang hebat saja. Apa yang salah dengan itu? Musik yang akan selalu diingat orang karena perasaan yang menakjubkan yang mereka rasakan pertama kali mereka mendengarnya. Musik yang membuat mereka bahagia, percaya diri, berharap... Sedih, instrospektif, dan nostalgik," kata Nicki di laman webnya.

Pada 2019, rapper itu sempat mengatakan dia sedang dalam proses pengerjaan album baru, dan menulis cuitan "PF2" pertama kalinya pada 2020, yang jadi pertanda bahwa "Pink Friday" akan muncul kembali.

"Pink Friday 2" menjadi album studio pertama Nicki Minaj sejak Queen, album sebelumnya yang berisi single seperti "Chun-Li" dan "Good Form". Sebelum album tersebut muncul, Nicki sempat mengeluarkan dua single, yaitu "Super Freaky Girl" pada Agustus 2022, serta "Last Time I saw You" pada September.