Cara sehat campurkan minyak kelapa ke makanan dan minuman

id minyak kelapa,sehat,campuran makanan dan minuman,takaran

Cara sehat campurkan minyak kelapa ke makanan dan minuman

Ilustrasi Minyak Kelapa (hellosehat)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Manfaat dari minyak yang satu ini banyak sekali, entah itu sebagai tambahan dalam makanan atau digunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan minyak kelapa dalam makanan.

1. Untuk memasak
Coconut oil adalah jenis minyak yang ideal untuk dimasak. Sebab, 90 persen dari minyak kelapa adalah minyak jenuh, itu artinya minyak jenis ini akan tetap memiliki bentuk atau struktur yang stabil meski dipanaskan.

Tidak seperti minyak tidak jenuh, minyak kelapa tidak menghasilkan radikal bebas yang membahayakan ketika terkena suhu panas saat dimasak. Berikut beberapa cara memasak jika ingin menggunakan minyak kelapa:

Menumis
Gunakan 1-2 sendok makan minyak untuk menumis sayuran, menggoreng telur dengan minyak yang sedikit, atau menumis daging dan ikan.

Memanggang
Lumuri daging ayam atau sapi sebelum dipanggang dengan minyak beserta bumbu lainnya.

2. Mencampur langsung dalam makanan
Minyak dari kelapa juga bisa digantikan sebagai pengganti mentega atau butter. Jika dalam resep Anda terdapat mentega, Anda bisa memilih pilihan lain dengan minyak kelapa.

Namun, jika Anda ingin menambahkan langsung minyak kelapa dalam makanan, pastikan makanan Anda sudah dingin dalam suhu ruang. Supaya, tidak merusak tekstur dan rasa makanan tersebut.

3. Campuran dalam minuman
Minyak dari kelapa juga bisa jadi campuran dalam smoothies, teh, maupun kopi. Anda bisa menambahkan minyak kelapa sekitar 2 sendok teh ke dalam smoothies atau protein shake sedikit demi sedikit. Campuran ini bisa menambahkan tekstur smoothies yang lebih kental dan padat.

Selain itu Anda juga bisa mencampurkan minyak ini ke dalam kopi atau teh hangat Anda. Masukan dalam jumlah kecil saja sebanyak 1-2 sendok teh.

Caranya cukup mudah, tuangkan air mendidih ke atas kantong teh, dan biarkan selama 2 menit. Kemudian keluarkan kantong teh, tambahkan gula lalu minyak, aduk hingga rata.

4. Diminum langsung
Tak hanya jadi tambahan dalam makanan dan minuman, minyak kelapa juga bisa langsung diminum, lho. Pasalnya minyak ini secara alami beraroma dan ada rasanya, lidah Anda cenderung bisa menerima rasa dari minyak kelapa ini.

Ambil 1-2 sendok makan minyak ini lalu langsung telan untuk meningkatkan energi dan menunda rasa lapar Anda sampai jam makan berikutnya.

sumber:hellosehat