Bupati Barut usulkan jalan menuju PLTMG Bangkanai ke Jokowi

id pltmg bangkanai,bupati barito utara bertemu jokowi,apkasi,bupati nadalsyah

Bupati Barut usulkan jalan menuju PLTMG Bangkanai ke Jokowi

Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat bertemu Presiden Joko Widodo pada forum Apkasi di Jakarta, Senin. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Jakarta (Antaranews Kalteng)-Bupati Barito Utara (Barut), H Nadalsyah menyampaikan usulan prioritas diantaranya infrastruktur jalan menuju Pembangit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai di Desa Karendan Kecamatan Lahei pada pertemuan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesi (Apkasi) dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin.
    
"Selain jalan menuju PLTMG, saya menyampaikan usulan pembangunan Bandar Udara baru di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Selatan dan penentuan hasil seleksi CPNS Kabupaten Barito Utara 2018," kata Bupati Nadalsyah usai melakukan pertemuan melalui forum Apkasi.

Menurut Nadalsyah, sejumlah usulan melalui forum Apkasi termasuk dari Kabupaten Barito Utara kepada Jokowi itu mendapat respon yang menggembirakan, yang mana usulan dari pemkab Barito Utara diakomodir langsung oleh Presiden RI. 
    
"Saya langsung menginstruksikan Sekretaris Daerah agar dapat membuat surat sebagaimana yang telah diarahkan oleh Presiden Jokowi  dengan tetap mempedomani aturan dan ketentuan yang berlaku," kata Nadalsyah.

Bupati Barito Utara itu juga berharap, dengan diakomodirnya usulan yang disampaikan, permasalahan kelistrikan di desa-desa sekitar PLTMG Bangkanai dapat segera teratasi dan juga untuk desa-desa lainnya yang selama ini belum menikmati listrik PLN 24 jam. 

Untuk bandara baru, Nadalsyah berharap dengan batuan anggaran dari APBN, bandara dapat segera fungsional. 

"Dengan beroperasinya bandara baru, akses pembangunan dan investasi yang ada di Kabupaten Barito Utara akan lebih berkembang," ujar Nadalsyah.

Pada pertemuan Akaasi itu Preiden Joko Widodo menyambut baik usulan yang disampaikan oleh Bupati Nadalsyah dan akan mengakomodir usulan tersebut. 

Presiden menyampaikan bahwa pemerintah pusat akan menjadikan jalan yang telah dibuat oleh Pemkab pada salah satu kabupaten pedalaman Kalteng ini  bekerjasama dengan Perusahaan Daerah 'Batara Membangun' dan perusahaan menjadi jalan nasional. 

Hal ini, sejalan dengan prioritas pembangunan nasional yang salah satunya adalah dibidang energi kelistrikan. 

PLTMG Bangkanai merupakan objek vital nasional,  termasuk dalam kategori wilayah ring 1. Presiden meminta kepada Bupati Barito Utara untuk membuat surat yang tujuannya langsung kepada presiden untuk nantinya jalan yang telah dibuat dapat menjadi jalan nasional. Sehingga semua pembangunan sampai dengan pemeliharaan, anggarannya bersumber dari APBN.

Terkait bandara baru,  Jokowi  menyampaikan bahwa pembangunannya akan didukung dana dari pusat. Sehingga diharapkan, bandara baru tersebut dapat dengan segera beroperasi. 

Terakhir, terkait permasalahan seleksi  CPNS yang bukan hanya pada Kabupaten Barito Utara, tetapi hampir disemua daerah. Presiden RI berjanji akan menindaklanjutinya, pemerintah pusat akan mengkajinya agar didapat solusi dari permasalahan tersebut.