180 polisi dikerahkan mengamankan Pilkades di Seruyan

id kabupaten seruyan,pilkades di seruyan,28 desa di seruyan laksanakan pilkades,polres seruyan,kapolres seruyan,Ramon Zamora Ginting

180 polisi dikerahkan mengamankan Pilkades di Seruyan

Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting (dua dari kiri) bersama perwakilan pemerintah kabupaten dan perwakilan FKPD lainnya saat membacakan ikrar kebangsaan di Stadion Gagah Lurus, Kuala Pembuang, Selasa, (27/11/2018). (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Bagi yang terpilih harus bisa mengemban amanah dengan baik
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor (Polres) Seruyan, Kalimantan Tengah, siap mengawal dan mengamankan pelaksanaan pemilihan umum kepala desa (pilkades) serentak di sebanyak 28 desa yang akan digelar Kamis (29/11).

"Kami mempersiapkan pengawalan sebanyak 180 orang personel atau 3/4 dari kekuatan yang dimiliki. Jumlah tersebut sudah termasuk seluruh polsek yang ada di Seruyan," kata Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting di Kuala Pembuang, Rabu.

Sejauh ini logistik pelaksanaan pilkades sudah diterima dan disalurkan kepada panitia di masing-masing desa. Penyalurannya didampingi langsung oleh tiap Kapolsek serta anggotanya yang ada di lapangan.

Hasil evaluasi Polres Seruyan, tidak ada desa yang dikategorikan rawan pada pilkades kali ini. Hanya, sejumlah desa memiliki letak geografis yang cukup sulit dijangkau terlebih disaat musim hujan.

Ia menjelaskan, komunikasi secara berkala terus dilakukan dengan seluruh pihak, mulai dari pemerintah kabupaten hingga tingkat desa maupun masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sekaligus mengajak semua pihak bersama-sama turut mensukseskan pilkades tahun 2018.

"Saya mengimbau siapapun kepala desanya merupakan pilihan bapak ibu dan sanak saudara semuanya. Bagi yang terpilih harus bisa mengemban amanah dengan baik, dan yang tidak terpilih harus legowo," paparnya.

Apapun hasilnya pada pemungutan suara yang digelar besok, harus diterima secara lapang dada dan ikhlas. Sehingga pilkades ini terlaksana dengan baik tanpa adanya perpecahan maupun provokasi yang merusak persatuan dan kesatuan.

Seluruh anggota kepolisian bersikap netral dan tidak berpihak pada siapapun, baik dalam gelaran pilkades maupun pemilu legislatif dan presiden pada tahun 2019 mendatang. 

"Kepolisian menjalankan tugas dan fungsinya yaitu mengamankan jalannya pemilu agar berlangsung tertib dan lancar. Sikap netral merupakan harga mati bagi kami," tegas Ramon.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Seruyan, sebanyak 86 calon kepala desa akan bersaing dengan total daftar pemilih tetap yaitu sebanyak 14.197 suara. Kemudian penetapan pemenang akan dilakukan setelahnya sesuai mekanisme dan jadwal yang ada.