Ini provinsi terbesar pengekspor sarang burung walet

id Ini provinsi terbesar pengekspor sarang burung walet,pengekspor sarang burung walet,sarang burung walet

Ini provinsi terbesar pengekspor sarang burung walet

Ilustrasi - Peternak burung walet mensortir sarang walet usai panen. (ANTARA FOTO/ Budi Candra Setya)

Medan (ANTARA) - Sumatera Utara masih tercatat sebagai pengekspor sarang burung walet terbesar di Indonesia dengan negara tujuan utama ke Republik Rakyat Tiongkok.

"Masih berlangsungnya ekspor sarang burung walet dengan volume bertambah itu menggembirakan karena menambah devisa Sumut," ujar Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah di Medan, Jumat (1/3).

Dia mengatakan itu usai melepas ekspor satu ton sarang burung walet dari Bandara Kualanamu Internasional, Deliserdang, Sumut.

Ekspor sarang burung walet senilai Rp41, 4 miliar itu ditujukan ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Menurut data, ujar Musa Rajekshah yang akrab dipanggil Ijeck, Sumut tercatat sebagai daerah terbesar sebagai pengekspor sarang burung walet itu.

Catatan Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian di tahun 2018, volume ekspor sarang burung walet yang di ekspor ke RRT melalui Bandara Kualanamu Medan mencapai 20,86 ton.

Sedangkan dari Bandara, Soekarno Hatta  masih sebanyak 15,96 ton, Surabaya 14,87 ton, Semarang 14,79 ton dan Bandara Pontianak sebanyak 18 Kg.

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Ali Jamil menjelaskan bahwa Sumut berkontribusi 31 persen terhadap ekspor sarang burung walet nasional.

Menurut dia, ekspor sarang burung walet Sumut tren meningkat dari 2017 sebanyak 13,7 ton naik menjadi 20,86 ton pada 2018.

"Ekspor di tahun 2019 ini diharapkan meningkat lagi karena ada bertambah satu perusahaan pengekspor dari sebelumnya dua eksportir," katanya.